SEKJUR MPI DAMPINGI GURU KB AL-MUZAMMIL BANTERAN-SUMBANG DALAM PENYELENGGARAAN LAYANAN PAUD

image_url

Keberhasilan dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional didukung oleh keberhasilan setiap jenjang pendidikan dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, termasuk didukung oleh keberhasilan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam penyelenggaraan layanan PAUD. Keberhasilan lembaga-lembaga PAUD dalam menyelenggarakan layanan PAUD digadang-gadang akan ikut menentukan pula keberhasilan dalam penyelenggaaan layanan pendidikan pada jenjang berikutnya. Ini bukan tanpa alasan. Dalam ilmu neurosains disebutkan bahwa kecerdasan manusia mencapai 50% di usia 0 hingga 4 tahun lalu bertambah 20% di usia 4 hingga 8 tahun.

Hal itu menjadikan penyelenggaraan layanan PAUD tidak boleh dilakukan asal jalan. Penyelenggaraan layanan PAUD harus dikelola sedemikian rupa agar tujuan dalam penyelenggaraan layanan PAUD dapat dicapai secara efektif dan efisien. Sadar akan hal itu, maka Kelompok Bermain (KB) al-Muzammil desa Banteran kecamatan Sumbang mengundang Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I sebagai narasumber dalam kegiatan pendampingan guru dalam penataan kurikulum PAUD dengan pendekatan kelompok.

Acara yang sederhana tersebut berlangsung penuh dengan dialog interaktif. Acara pendampingan ini dijadikan sebagai media bagi para guru untuk mengkomunikasikan ide-ide kreatifnya dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran PAUD. Salah satu hal yang diperbincangkan adalah bagaimana mendesain pembelajaran tematik yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan barang bekas sebagai alat untuk bermain.

Leave us a Comment