SONGSONG ERA DIGITAL, GUGUS PAUD MATAHARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS UNDANG DOSEN MPI ISI SEMINAR PARENTING

image_url

Pada masa sekarang ini sudah tidak ada bedanya lagi antara “kota” dengan “desa”. Masyarakat pedesaan kini tidak bisa diidentikan lagi dengan pemikirannya yang masih tertinggal jika dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Hal itu merupakan sebuah implikasi yang didapat ketika masyarakat pedesaan bisa mengakses internet. Internet pun semakin mudah diakses ketika peralatan ICT semakin canggih dan semakin mudah didapatkan. Penggunaan internet pun semakin luas merambah ke masyarakat pedesaan.

Internet yang accessable kini membuat masyarakat pedesaan tidak bisa lepas dari penggunaan gadget. Hidup di era millenial sekarang ini membuat semua lapisan masyarakat  seakan-akan tertinggal jauh dari peradaban ketika tidak memiliki gadget. Bukan hanya orang dwasa yang berhasrat memiliki gadget, anak kecil pun begitu antusias ingin memilikinya. Sampai-sampai angpao lebaranya saja digunakan buat beli gadget. Ini berbeda dengan generasi sepuluh tahun yang lalu yang menggunakan angpao lebaran untuk membeli mainan ataupun sepeda.

Penggunaan gadget pada anak-anak termasuk anak usia dini pun tidak bisa dihindari. Diakui ataupun tidak banyak sisi positif dari penggunaan gadget, banyak juga sisi negatifnya. Sisi negatifnya itulah yang seringkali dikhawatirkan oleh para orangtua. Kekhawatiran orangtua tersebut kemudian dijawab oleh Gugus PAUD Matahari kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas dengan menyelenggarakan seminar parenting bertemakan “Mendidik Generasi Millenial di Era Digital” pada Rabu 19 Juni 2019.

Ketua Gugus PAUD Matahari, ibu Yuni Sri Utami, S.Pd mengungkapkan bahwa acara ini dihadiri oleh seluruh guru PAUD dan wali murid dari delapan lembaga PAUD di desa Jatisaba dan desa Panusupan. Ia berharap acara ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat terkait dengan bagaimana penerapan disiplin gadget pada anak usia dini. Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I, dosen yang konsen di bidang manajemen PAUD pada program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Purwokerto (NAW).

Leave us a Comment