MAHASISWA PPG FTIK MENGIKUTI PEMBEKALAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Sebanyak 120 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada hari Sabtu (16/02). Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto tersebut dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB.

Menurut koordinator pelaksana PPG Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. menyampaikan bahwa mahasiswa akan melaksanakan kegiatan PPL selama kurang lebih 3 minggu terhitung mulai tanggal 18 Februari 2019 dan berakhir tanggal 8 Maret 2019. Adapun tempat pelaksanaan PPL adalah Raudlatul Athfal (RA) yang ada di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Jumlah RA yang akan menjadi tempat PPL mahasiswa sebanyak 15 RA dengan kuailfikasi telah terakreditasi A dan ada guru yang telah sertifikasi.

Sebanyak 120 mahasiswa peserta PPG yang ada dibagi menjadi 15 kelompok dengan jumlah anggota tiap kelompok sebanyak 8 orang. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa akan praktik mengajar di RA masing-masing dengan didampingi oleh satu guru pamong dan satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“Selama PPL mahasiswa akan praktik mengajar dengan pendampingan dari guru pamong dan DPL setelah itu mahasiswa wajib mengikuti ujian kinerja (ukin)” ucap Rahmat.

Selama PPL mahasiswa dituntut untuk mengeluarkan performa terbaiknya dalam mengajar siswa-siswa RA. Selain materi yang harus dikuasai, mereka juga harus secepatnya beradaptasi dengan siswa-siswa yang ada di RA masing-masing sehingga suasana pembelajaran yang menyenangkan akan cepat terbentuk. Hal inilah yang akan menjadi salah satu faktor penilaian guru pamong dan DPL.

Setelah PPL selesai, mahasiswa akan melaksanakan ujian kinerja. Selama ujian kinerja mahasiswa akan dinilai oleh dosen dan guru pamong lain. Begitu juga tempat ujian kinerja akan ditukar antara kelompok satu dengan kelompok lain.

Kekuatan fisik dan pikiran sangat diperlukan selama PPL, hal ini seperti disampaikan oleh Dekan FTIK Dr.Kholid MAwardi, S.Ag., M.Hum. disela pembekalan.

“Ibu-ibu harus menjaga kesehatan, fisik dan pikiran harus kuat untuk kegiatan PPL karena jarak RA yang cukup jauh dari kampus” ucap Kholid. (ftw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X