MAHASISW KKN-PPL INTERNASIONAL FTIK IAIN PURWOKERTO SELENGGARAKAN PELATIHAN PUBLIKASI KARYA TULIS MELALUI SOSIAL MEDIA

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, salah satu keterampilan unggulan yang dimiliki mahasiswa Jamiah Islam Syeikh Daud Al Fathoni Jala (JISDA), Thailand adalah menulis. Para mahasiswa meyakini bahwa melalui menulis dapat membangun eksistensi mahasiswa, yaitu kemampuan mendokumentasikan pikiran dan perasaan untuk dikomunikasikan dengan pembacanya.

Budaya menulis pun menjadi ciri khas mahasiswa JISDA, Thailand. Setiap harinya mahasiswa dikondisikan untuk menulis. Menulis pun menjadi membudaya. Hal ini terbukti dengan telah terbitnya Buletin Jiwa Semangat Pemuda yang telah tiga tahun lebih terbit dan selalu memuat tulisan para mahasiswa.

Sehingga banyak karya mahasiswa JISDA, Thailand yang telah dihasilkan, baik secara individu maupun kelompok. Tercatat antara lain beberapa karya mahasiswa yang telah dibukukan, misalnya buku Kidung Patani, yang merupakan antologi puisi yang menghimpun penulis-penulis dari persaudaraan Patani dan Indonesia.

Dengan kenyataan ini, mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto, mengadakan pelatihan rutin publikasi karya tulis ke sosial media setiap minggu. Pelatihan fokus pada penggunaan sosial media dalam mempublikasikan karya-karya tulis mahasiswa JISDA, Thailand.

Menurut Indah Istiqomah, mahasiswa FTIK IAIN Purwokerto, yang menjadi mentor dan pelatih, mengatakan bahwa mahasiswa JISDA, Thailand sangat antusias dan senang belajar. Mahasiswa sungguh-sungguh, dan akhirnya menguasai berbagi teknik dan strategi publikasi karya tulis melalui ineternet. Mahasiswa yang ikut pelatihan pun bukan hanya datang dari intern JISDA, melainkan juga dari beberapa kampus lain dan alumni JISDA, yang pernah kuliah bangku kuliah di Indonesia.

Bahkan, komunitas KOPI (Komunitas Penulis Patani) ikut serta. MenurutĀ  Saifu Cuha, ketua KOPI, pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa dan penulis di Thailand. Melalui keterampilan dalam publikasi di sosial media, maka karya tulis mahasiswa di Thailand bisa dibaca banyak orang. Pelatihan ini pun akan menjadi pemicu untuk meningkatnya semangat menulis mahasiswa Thailand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X