JURNAL INSANIA FTIK BERPERAN AKTIF DALAM TERBENTUKNYA GRIYA JURNAL IAIN PURWOKERTO

Kamis, 28 Desember 2017 di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto diadakan pertemuan perdana antarpengelola jurnal IAIN Purwokerto. Acara dipimpin langsung oleh Misbah, M.Ag, selaku Ketua LPPM-IAIN Purwokerto. Dalam pertemuan itu disepakati komitmen bersama untuk mengelola jurnal berkala ilmiah di IAIN Purwoekerto secara professional melalui Griya Jurnal IAIN Purwokerto, sehingga ke depannya, dengan gerakan bersama melaui Griya Jurnal ini, Jurnal-Jurnal Ilmiah di IAIN Purwokerto bisa menyusul Jurnal Ibda dan Al-Manahij yang sudah terakreditasi.

Dalam sambutannya, Sony Susandra, M. Ag, selaku Ketua Bidang Penelitian LPPM menyatakan apresiasinya atas pertemuan ini, sebagai tonggak lahirnya komitmen bersama untuk memajukan kampus melalui publikasi Jurnal Imiah di lingkungan IAIN Purwokerto. Maka, untuk mewujudkan mimpi ini, kinerja Tim Jurnal harus dimaksimalkan dan dikoordinasikan dengan baik. Dalam hal ini, LPPM melalui Lembaga Lembaga Penelitian, akan memfasilitasi dan mengkoordinasikan dengan baik, sehingga harapannya dua sampai tiga tahun ke depan jurnal-jurnal di IAIN Purwokerto bisa terakreditasi semuanya.

Gerakan awal untuk menuju pengelolaan jurnal yang professional melaui Griya Jurnal ini dimulai dengan pelatihan pengelolaan migrasi jurnal dari Open Journal System Versi 2 (OJS 2) ke OJS 3 yang dipandu oleh Warto, M,Kom, selaku Editor In Chief dari Jurnal Komunika, Fakultas Dakwah. Dalam pelatihan yang akan dibuat beberapa kali pertemuan ini, Warto, M.Kom menyatakan bahwa dengan migrasi ke OJS 3, maka pengelolaan jurnal berbasis online bisa dlakukan lebih mudah dan praktis, sehingga akan memudahkan pengelola jurnal. Dan migrasi ini akan dilakukan oleh semua jurnal di lingkungan IAIN Purwokerto dalam koordinasi Griya Jurnal IAIN Purwokerto.

Dalam kesempatan ini, Jurnal Insania FTIK-IAIN Purwokero mengirimkan Tim Teknis OJS. Tim teknis ini yang kemudian akan mengoperasikan OJS Jurnal Insania dengan baik sehingga Jurnal Insania bisa lebih maju lagi, untuk persiapan akreditasi di tahun 2019. Menurut Editor In Chief Jurnal Insania, Heru Kurniawan, M.A., Jurnal Insania akan selalu aktif dalam membangun Griya Jurnal IAIN Purwokerto dalam rangka untuk selalu bersinergi mewujudkan Jurnal di IAIN Purwokerto yang bereputasi dan terakreditasi sehingga bisa ikut serta dalam memajukan FTIK-IAIN Purwokerto. Di Griya Jurnal IAIN Purwokerto inilah, Jurnal Insania dan jurnal-jurnal lainnya akan maju dan berkembang dengan pesat menjadi jurnal yang terakreditasi dan terindeks pada indeks yang bereputasi (Redaksi FTIK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X