Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Dosen di Perguruan Tinggi

Purwokerto - Jurusan Pendidikan Madrasah FTIK UIN Saizu Purwokerto mengadakan Seminar bagi dosen dengan tema "Implementasi Kurikulum Merdeka" pada Selasa (21/5/2024) bertempat di Auditorium UIN Saizu. Seminar yang dihadiri oleh seluruh dosen-dosen pengampu mata kuliah di FTIK tersebut menghadirkan narasumber Prof. Dr. Abdul Munip, M. Ag. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Dr. Sauqi Futaqi, M. Pd. I (Unisda Lamongan).

Acara dibuka dengan seremonial pembukaan. Diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Ketua Jurusan Pendidikan Madrasah, dan sambutan Wakil Dekan 2 Prof. Dr. Subur, M. Ag. sekaligus membuka acara secara resmi. Selepas acara pembukaan, kegiatan inti seminar dipandu oleh Hendri Purbo Waseso, M. Pd. I. sebagai moderator.

Prof. Dr. Abdul Munip, M. Ag. narasumber pertama menyampaikan penjelasan tentang implementasi Kurikulum Merdeka dari sudut pandang pengalaman di UIN Sunan Kalijaga. Menurut beliau, penerapan Kurikulum Merdeka di perguruan sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik dari segi kesiapan kurikulum, pendanaan, kerjasama mitra, dan hal-hal teknis lain.

Narasumber kedua, Dr. Sauqi Futaqi, M. Pd. I. memaparkan tentang strategi dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). "Perencanaan, pelaksanaan, hingga implementasi dalam program MBKM harus dirancang se-detail mungkin. Contohnya pada kegiatan magang apakah akan diterapkan magang bersertifikat, magang wirausaha, maupun kampus mengajar, " jelas Dr. Sauqi.

MBKM menjadi kurikulum baru yang mulai diterapkan di UIN Saizu. Kegiatan seminar ini menjadi salah satu langkah mempersiapkan para dosen untuk siap turut berperan menyukseskan program MBKM di kampus hijau ini.

(MF)

Blog Attachment

Leave us a Comment