INTERNATIONAL GUEST LECTURE, JURUSAN TADRIS HADIRKAN DOSEN DARI FILIPINA

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di UIN Saizu Purwokerto, Jurusan Tadris melaksanakan kuliah tamu dengan menghadirkan 6 dosen dari UM Digos College Philippines. Dua dosen memberikan materi di Prodi Tadris Matematika pada tanggal 2 Mei 2024 yaitu Retchelle Sangco dengan topik Math Curriculum for Senior High School dan Conrado Panerio dengan topik Approaches in Mathematics Material Development. Empat dosen memberikan materi di Prodi Tadris Bahasa Inggris sesuai dengan bidang keahlian mereka yaitu Joanna Reeve M. Canada dengan topik Developing Authentic Materials (dilaksanakan 27 Maret 2024) dan Task-based Materials (dilaksanakan 4 Maret 2024), Ana Mae Monteza dengan topik Designing Assessment Tasks for Speaking Skill (dilaksanakan 28 Maret 2024), Developing Instructional Material for Language Learning (dilaksanakan 4 April 2024) dan Elements of Drama (dilaksanakan 3 Mei 2024), Jeriel Tero dengan topik How to Build Confidence in Delivering The News and The Importance of Voice Over (dilaksanakan 26 April 2024) dan Merafel Grace Abule dengan topik Media for Students with Different Learning Styles (dilaksanakan 3 Mei 2024).

Perkuliahan tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa Prodi Tadris Matematika dan Tadris Bahasa Inggris sesuai dengan jadwal masing-masing. Mahasiswa tampak semangat mengikuti perkuliahan dengan memanfaatkan momen untuk berdiskusi dengan dosen-dosen yang ahli di bidangnya tersebut.

“Perkuliahan dengan dosen dari Filipina ini sangat menyenangkan, membuat pikiran kami menjadi lebih terbuka dan menambah wawasan mengenai strategi pembelajaran yang ada di sana”. Ujar Nafisah Az Zahra, mahasiswa Prodi Tadris Matematika. Nafisah juga berharap agar perkuliahan bisa dilaksanakan secara offline agar bisa lebih interaktif.

“Kuliah tamu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan perspektif baru kepada mahasiswa terkait pembelajaran. Partisipasi dosen UM Digos College Philippines ini menunjukkan kolaborasi internasional yang positif antar perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada International Office UIN Saizu yang menjadi motor penggerak kegiatan ini”. Ujar Maria Ulpah, Ketua Jurusan Tadris.

Blog Attachment

Leave us a Comment