Tiga Mahasiswa FTIK Ikuti KKN dan PPL Internasional di Davao Filipina

image_url

Purwokerto – Sebanyak tiga mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Saizu Purwokerto lolos seleksi untuk mengikuti KKN dan PPL internasional tahun 2024 di Davao Filipina. Ketiganya yaitu Muhammad Kemal Faskha (Tadris Matematika, Azka Farzanggi (Tadris Bahasa Inggris), dan Zulfatur Rohmah (Pendidikan Bahasa Arab).

Selama 25 hari, mahasiswa akan menjalankan KKN internasionalnya di Davao Filipina dan PPL serta penelitian skripsi yang akan dilakukan di sekolah Filipina pada 15 Februari-12 Maret 2024. Mahasiswa yang akan mengikuti KKN PPL internasional ini sebelumnya telah diseleksi dengan persyaratan tertentu dan melampirkan syarat tambahan yaitu kepemilikan karya.

"Ingin berbeda dari yang lain," ungkap Kemal, salah satu mahasiswa FTIK peserta KKN internasional menyampaikan alasannya ingin mengikuti program ini. Dirinya mengaku mendaftarkan desain grafis dan karya sebuah lagu yang dibuat sebagai syarat tambahan. Tidak jauh berbeda dengan Kemal, Azka dan Zulfa pun mengikuti proses seleksi dan persiapan yang berupa bahasa komunikasi yang akan digunakan di sana, yaitu bahasa Inggris.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan KKN, PPL dan penelitian internasional mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan ilmu yang bermanfaat yang dapat digunakan ketika sudah lulus dan menjadi guru. Selain itu, dengan keikutsertaan Kemal pada kegiatan internasional semoga bisa menjadi inspirasi dan pemacu semangat bagi rekan mahasiswa yang lain,” ucap bangga Koordinator Prodi Tadris Matematika, Fitria Zana Kumala, M.Sc.

Desi Wijayanti Ma’rufah, M.Pd., Koordinator Prodi Tadris Bahasa Inggris menyampaikan harapannya, “Harapan saya selaku koordprodi adalah semoga mas Azka dan rekan mahasiswa yang lain dapat melaksanakan KKN dan PPL dengan lancar. Selain itu juga, tidak hanya sekedar untuk melakukan pengadian dan memperoleh pengalaman saja namun juga harus disertai dengan melakukan penelitian internasional di Filipin. Hal ini sebagai bukti bahwa prodi TBI mampu mendorong mahasiswa untuk unggul, salah satunya dengan melaksanakan KKN, PPL dan Penelitian internasional.”

(MF)

Blog Attachment

Leave us a Comment