Menuju “Unggul”, Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi PIAUD Berjalan Lancar dan Sukses

image_url

Purwokerto – Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka rangkaian kegiatan akreditasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FTIK UIN Saizu Purwokerto berlangsung pada hari Rabu dan Kamis (13-14/12/2023). Bertempat di ruang rapat FTIK lantai 3, acara pembukaan AL dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan UIN Saizu, pimpinan FTIK, karyawan fakultas, dan seluruh tim penyusun borang Prodi PIAUD. Asesor dari LAMDIK yag ditugaskan untuk hadir yaitu Dr. Rohimi Zamzam, S.Pd., S.H., M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Jakarta) dan Prof. Dr. Leli Halimah, M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia).

Sambutan diberikan oleh Dekan FTIK, Prof. Dr. Fauzi, M.Ag. yang memberikan gambaran singkat tentang Sejarah berdirinya fakultas beserta Prodi PIAUD dan profil singkat prodi. Sambutan selanjutnya oleh Rektor UIN Saizu, Prof. Dr. Ridwan, M.Ag. sekaligus membuka acara secara resmi. Sambutan dari salah satu asesor, Dr. Rohimi Zamzam, S.Pd., S.H., M.Pd. memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan AL yang akan dilaksanakan dan pentingnya pendidikan usia dini serta peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini.

“Pendidikan anak usia dini bukan hanya tanggung jawab Ibu sebagai madrasah pertama anak, namun juga ada peran ayah yang tidak boleh dihilangkan di situ. Banyak anak-anak yang memiliki ayah namun “yatim” dalam pengasuhan, sehingga pengembangan potensi dan karakter diri anak juga tidak dapat maksimal. Peran PAUD menjadi sangat penting dan urgent dalam kaitan perkembangan anak usia dini pada masa golden age, tetapi madrasah yang utama tetap dalam lingkungan keluarga,” tutur Dr. Rohimi disela sambutan pembukaan AL akreditasi PIAUD.

Program Studi dan Fakultas selalu bersinergi untuk memberikan layanan terbaik baik mahasiswa maupun dosen, termasuk dalam persiapan akreditasi. Hasil akreditasi Prodi PIAUD yang semula B (sangat baik) ditargetkan meningkat menjadi “Unggul” pada akreditasi tahun 2023 ini. Berbagai upaya pembenahan dan peningkatan telah dilakukan serta diupayakan semaksimal mungkin. Harapan dan target Unggul, bukan menjadi hal yang mustahil diraih mengingat telah adanya banyak perbaikan layanan dan peningkatan prestasi prodi tersebut. Sejalan dengan tagline Unggul, Progresif, dan Integratif, akreditasi ini menjadi salah satu bentuk penilaian ekstern terhadap kinerja, layanan, dan prestasi program studi.

(MF)

Blog Attachment

Leave us a Comment