Kolaborasi Dosen FTIK dan Mahasiswa KKN Tematik Gelar Workshop Pelatihan Membaca Notasi Musik pada Komunitas Kentongan di Banyumas

image_url

Purwokerto – Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fajry Sub’haan Syah Sinaga, M.A. menyelenggarakan workshop pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Membaca Notasi Musik” berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN Tematik Angkatan 52 UIN Saizu Purwokerto dari Prodi PIAUD bernama Tika Wahyuni, Andhika Yoga Prasetya  Prodi MPI, dan Hilmi Andika (KPI). Workshop pada hari Minggu (10/9) dilakukan di Ruang B1 FTIK UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan dihadiri sebanyak 30 peserta dari praktisi seni kentongan, akademisi, maupun siswa-siswi sekolah sekitar Banyumas.

Acara ini didukung langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Fajry selaku narasumber mengatakan, "Banyak sekali praktisi seni maupun akademisi yang mengajarkan musik hanya melalui lisan namun tidak berdasarkan teori musik yang mungkin akan lebih mudah dipahami. Semoga dengan acara Ini bisa menambahkan pengetahuan kepada para seniman bahwa bermain musik tidak hanya sekedar praktek saja melainkan harus disertai dengan teori musik sehingga bisa menjadi perpaduan yang indah dan bisa menciptakan musik yang lebih mudah untuk dipelajari."

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Sinta Nurjannah dilanjutkan masuk ke acara inti pelatihan membaca notasi musik oleh narasumber. Workshop yang dipandu langsung oleh Fajry Sub’haan Syah Sinaga, M.A selaku narasumber dan juga dosen pengabdi menjelaskan mengenai notasi balok berupa ritmis dan ketukan nada pada sebuah lagu. Materi yang disampaikan begitu lugas sehingga para peserta dapat menangkap apa yang disampaikan oleh pemateri dengan seksama. Pada sesi terakhir, ditutup dengan mempraktikan dan menyatukan notasi maupun ketukan yang tadi sudah disampaikan menggunakan alat musik kentongan langsung berupa angklung, bedug dan cello.

"Acara ini sangat baik dan bisa membantu kita dalam mengetahui lebih dalam lagi mengenai aplikasi teori musik dalam mengembangkan permainan kentongan yang jarang kita dapat di komunitas ,dan mengucapkan banyak terima kasih karena telah diadakan acara ini” ucap Mustara Pradana Putra, salah satu peserta.

 

 

Leave us a Comment