Koordinasi Dosen FTIK, Persiapan Perkuliahan Semester Gasal T.A. 2023/2024

image_url

Purwokerto – Seluruh dosen pengampu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan kegiatan koordinasi persiapan perkuliahan Semester Gasal tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan bertempat di hall perpustakaan UIN Saizu pada Jumat (18/08) pukul 08.30-11.00. Narasumber dalam koordinasi tersebut yaitu Dekan, Wakil Dekan I (Bidang Akademik), perwakilan dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM), dan TIPD.

Dekan FTIK, Prof. Suwito memberikan sambutan dan pesan terkait hakikat dosen sebagai wali. Memberikan uraian tentang niat menyampaikan ilmu dan layanan dosen.

“Layanan dosen itu ada 3, yaitu internal, eksternal, dan eternal. Eternal di sini merupakan kombinasi antara internal dan eksternal di mana kepuasan diri kita untuk melayani hamba Allah/ umat Rasulullah SAW untuk menggapai ridhaNya. Niatkan semuanya karena ibadah, maka balasan yang paling layak adalah mendapat ridha Allah,” jelas Prof. Suwito.

Acara diselingi dengan pembagian hadiah bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan seputar fakultas. Penyampaikan materi selanjutnya oleh Wakil Dekan I, Dr. Suparjo, M.A. Beliau menjelaskan tentang teknis kegiatan perkuliahan Semester Gasal.

“Semester ini kuliah full offline bagi seluruh mahasiswa Prodi PBA, TBI, dan TMA. Seluruh mahasiswa semester I di seluruh Prodi juga melaksanakan kuliah offline, sedangan mahasiswa semester 3 dan 5 selain ketiga Prodi tersebut tadi akan melaksanakan kuliah secara offline-online dengan skema sesuai jadwal yang telah dibagikan melalui surat edaran di grup WA fakultas. Mohon Bapak/Ibu dapat menyikapi dengan bijak dan tetap memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi mahasiswa,” tutur Dr. Suparjo.

Adapun format RPS terbaru yang telah disesuaikan dengan SiPinter, sistem informasi akademik terbaru universitas disampaikan oleh perwakilan dari LPM. Teknik mengunduh format RPS terbaru dan upload di sistem disampaikan oleh Dr. Dr. Muhammad Nurhalim, M.Pd. Teknis mengisi jurnal dan presensi perkuliahan lebih lanjut disampaikan oleh tim TIPD, Anjar dan Zainal Asikin.

Kegiatan koordinasi awal perkuliahan tiap semester ini selalu rutin dilaksanakan oleh FTIK untuk melakukan diskusi, menampung masukan, kritik, saran, dan penyampaian teknis lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Fakultas selalu melakukan upaya perbaikan kualitas dan layanan yang lebih baik lagi salah satunya dengan mengadakan persiapan teknis serta koordinasi di awal semester.

 

(MF)

Leave us a Comment