Outing Class PGMI, Belajar Seni Tradisi dengan Praktisi hingga Pentas Kolaborasi di Lereng Sindoro

image_url

Wonosobo - Minggu (18/06) Mahasiswa PGMI UIN SAIZU Purwokerto melaksanakan pembelajaran seni tradisi dengan praktisi di Sanggar Seni Setyo Langen Budoyo di Wonosobo.

Diketahui Sanggar Seni Setyo Langen Budoyo aktif dalam menjaga eksistensi budaya Indonesia. Kreativitas dan inovasinya mampu menghasilkan karya estetika yang dinikmati semua kalangan hingga manca negara. Sanggar ini berada di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Reco, Kertek Wonosobo, Jawa Tengah.

Dosen mata kuliah Seni Drama dan Tari, Fajry Sub'haan Syah Sinaga, S. Pd., M. A menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat belajar secara langsung dengan praktisi kesenian. Sekaligus upaya untuk mengenalkan UIN SAIZU Purwokerto di tengah masa-masa penerimaan mahasiswa baru.

"Tujuan kegiatan ini agar para mahasiswa dapat belajar kesenian yang ada di Wonosobo sekaligus mendapatkan pengalaman secara langsung dari praktisi seni, " jelas Fajry Sinaga.

Kegiatan yang diikuti mahasiswa 6 PGMI A ini terbilang full sehari. Para mahasiswa berangkat dari Purwokerto pukul 06.00 naik bus Kopjastrans Mipha Bersenyum. Sampai di lokasi pukul 09.00, setelah itu istirahat dan mengikuti rangkaian acaranya.

Adapun isi kegiatannya berupa workshop tari dan gamelan pada siang hari dan pentas kolaborasi malamnya. Dengan dibimbing langsung oleh Bapak Agung beserta tim sanggar.

Agung Wahyu Utomo, S. Pd. selaku ketua sanggar Eselbe (Setyo Langen Budoyo) mengapresiasi kegiatan ini.
"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk Pak Fajri dan para mahasiswa PGMI atas terlaksananya kegiatan di sanggar Eselbe. Semoga pengalaman yang diperoleh dapat bermanfaat untuk para mahasiswa calon pendidikMaulida, " ungkap Agung.

(Mei Farikhatul Maulida)

Leave us a Comment