Dosen FTIK Terima Penghargaan dari Kasultanan Cirebon

Purwokerto--Dosen FTIK UIN Saizu, K.R.H.T. Dimas Sastrowinoto menerima penghargaan/penghormatan tertinggi dari Kasultanan Kanoman Cirebon. Pemberian penghargaan dengan pemasangan simbol pin resmi Kraton Kesultanan Kanoman Cirebon dilakukan oleh Pangeran Patih Amaludin pada Kamis (19/01/2023) di Kraton Kanoman Cirebon.

Penghargaan tersebut diberikan karena kepedulian K.R.H.T Dimas terhadap adat tradisi dan budaya yang ada di Cirebon. Selain diberi penghargaan, atas ketertarikannya di bidang kebudayaan, K.R.H.T. Dimas Sastrowinoto juga diangkat sebagai peneliti HDRSN, Himpunan Dzuriyat Raja Sultan Nusantara. Pengangkatan tersebut dilakukan oleh DYMM Paduka Sri Sultan Muhammad Kaharudin Syah III, Raja Taliwang Sultan Sumbawa.
K.R.H.T Dimas Sastrowinoto juga merupakan peneliti Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Reh Pakoenegaran dan ketua Prakarsa Garba Mataram, Prajurit Karaton Surakarta Galuh Purba-Mataram yaitu paguyuban abdi dalem di lereng gunung Slamet meliputi Banjarnegara, Kebumen, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Brebes, Kab Tegal , Kota Tegal dan Pemalang. Sebelumnya, Dimas melakukan kunjungan ke Kesultanan Cirebon untuk menjalin kerjasama dan komunikasi lintas Kraton. Lalu di pertemuan selanjutnya, Dimas turut serta dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga warisan leluhur di Cirebon.
Ke depan, sebagai bagian dari civitas academica FTIK UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, K.R.H.T Dimas berharap dapat menjadi perantara bagi lembaga untuk menjalin kerja sama dengan Kasultanan Cirebon dan memberi edukasi seputar kebudayaan Nusantara.

Leave us a Comment