Dosen dan Karyawan FTIK Ikuti FGD Efektivitas AMI

Purwokerto – Dosen dan karyawan FTIK mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada 1 Desember 2022 yang membahas tentang efektivitas Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Saizu Purwokerto bertempat di lantai 4 Gedung Rektorat. Dosen dan karyawan FTIK yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu Prof. Dr. H. Suwito, M.Ag., Dr. Suparjo, M.A., Irma Dwi Tantri, M.Pd., Khairunnisa Dwinalida, M.Pd., dan Dr. Sobrun Jamil yang merupakan auditor mutu di UIN Saizu Purwokerto

Toifur, S.Ag., M.S.I, Kapus AMI memberikan sambutan pada awal acara tersebut, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan AMI di UIN Saizu masih membutuhkan masukan agar dapat lebih baik lagi di masa mendatang. Pada AMI tahun 2022 ini, UIN Saizu telah merekrut para auditor baru yang mendapat pelatihan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan AMI. Para auditor baru tersebut tidak hanya berasal dari unsur dosen saja, namun tenaga kependidikan juga ikut dilibatkan.

Rosihan Aslihuddin atau yang lebih akrab dipanggil Cak Ro selaku pelatih asesor AMI memberikan penjelasan pentingnya koordinasi  antar auditor. “Auditor-auditor baru masih perlu banyak belajar kembali. Keterangan terlalu singkat dan kurang detail dalam menulis laporan sehingga analisis serta tindak lanjut hasil audit menjadi kurang tepat. Hal ini harus diperbaiki, agar tahun depan hasil analisis bisa lebih tepat dan tindak lanjut yang dilakukan tepat sasaran,” jelas Cak Ro. Pelatih memberikan pesan pada akhir acara, auditor agar selalu belajar dan update informasi terkini. Memahami peraturan dan teknik pelaporan hasil audit menjadi hal yang perlu dipelajari para auditor. Semua itu diupayakan agar tercapai tujuan bersama serta terwujud institusi berkualitas sesuai visi dan misi UIN Saizu. (Fira)

Leave us a Comment