Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di FTIK

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Saizu Purwokerto menyelenggarakan kegiatan sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi segenap pimpinan di FTIK. Bertempat di ruang rapat fakultas, kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis, 24 November 2022. Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut yaitu para Koordinator Program Studi, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kabar TU, Koordinator AKA, Koordinator AUK, Wakil Dekan, dan Dekan. Prof. Dr. H. Suwito, M.Ag., dekan FTIK memberikan sambutan dan pesan untuk selalu meningkatkan kualitas akademik di FTIK.

Wakil Dekan I FTIK memberikan sosialisasi MBKM

Wakil Dekan I, Dr.Suparjo, M.A. memberikan penjelasan tentang merdeka belajar. Secara umum, terdapat 3 materi yang disampaikan, yaitu:

1. Penyampaian pedoman kurikulum MBKM UIN SAIZU.

2. Model pilihan MBKM.

3. Penyampaian hasil survey yang telah dilaksanakan oleh FTIK kepada mahasiswa FTIK Semester 5.

Lebih lanjut, Dr. Suparjo, M.A. memaparkan bahwa terdapat 9 poin model pilihan MBKM, yaitu:

1. Pertukaran pelajar

2. Magang praktik kerja

3. Asistensi mengajar di satuan pendidikan

4. Penelitian /riset

5. Studi /proyek independent

6. Proyek kemanusiaan

7. Kegiatan wirausaha

8. Membangun desa/KKN tematik

9. Moderasi beragama.

Sesuai dengan hasil sosialisasi dan hasil survey pilihan mahasiswa tentang MBKM di FTIK UIN Saizu Purwokerto disepakati bahwa hasil untuk setiap Prodi sebagai berikut:

1. MPI = pilihan 1

2. PAI kelas A, B, C, D = pilihan 2  dan PAI E = pilihan 1

3. PBA = pilihan 1

4. TBI = pilihan 1

5. PIAUD = pilihan 1

6. PGMI kelas A, B = pilihan 1 dan PGMI C = pilihan 2

7. TMA = pilihan 1

Wakil Dekan I menegaskan bahwa pelaksanaan kurikulum MBKM di FTIK ini akan mulai dilaksanakan pada Semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Ketercapaian dan kelancaran MBKM sangat bergantung dari dukungan seluruh civitas akademik UIN Saizu khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Untuk itu, sinergi dari segala elemen diperlukan sebagai bentuk kerjasama menyeluruh terlaksananya MBKM demi mewujudkan FTIK yang unggul, progresif, dan integratif. (Fira)

Leave us a Comment