Mahasiswa MPI Sukses Selenggarakan Acara Leadership Training 2020 di MTs al-Ittihad Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat

image_url

Leadership Training 2020 adalah salah satu acara yang diselenggarkan oleh mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidkan Islam (MPI) angkatan 2017 IAIN Purwokerto sebagai wujud implementasi Mata Kuliah Praktikum Kepemimpinan dan Renstra yang dibimbing oleh Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I. Tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah supaya mahasiswa mampu mempraktikkan ilmu manajemen dan kepemimpinan secara praktis. Kegiatan ini telah terlaksana di MTs Al-Ittihad Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat, Sabtu (29/2).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai perwakilan organisasi yang ada di madrasah yang bersangkutan, mulai dari OSIS, Pramuka, hingga IPNU/IPPNU. “Leadership Training 2020 ini adalah acara yang sangat baik untuk diselenggarakan layaknya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) guna menanamkan sikap-sikap seorang pemimpin dalam sebuah organisasi,” ungkap Tavip Riyadi selaku Waka Kurikulum dalam pidato sambutannya.

Materi yang diberikan adalah mengenai kepemimpinan dan keorganisasian yang kemudian ditutup dengan praktik kepemimpinan oleh para peserta secara langsung. Pemateri menyampaikan materi secara lugas dan juga seringkali memberikan pertanyaan yang membuat peserta aktif berpendapat. Peserta yang menjawab kemudian diberikan hadiah oleh panita sebagai ajang motivasi bagi peserta lain. Pada sesi terakhir ditutup dengan acara games leadership practice di mana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mempraktikan ilmu kepemimpinan dengan berusaha memecahkan masalah yang diberikan.

Leave us a Comment