MAHASISWA MPI SUKSES ADAKAN PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN DI SMP NEGERI 3 PURWOKERTO

image_url

Sejumlah Mahasiswa IAIN Purwokerto program studi Manajemen Pendidikan Islam, melakukan Praktikum Kepemimpinan pada hari Sabtu (22/02/2020) di SMP N 3 Purwokerto. Berkaitan dengan mata kuliah Praktikum Kepemimpinan dan Penyusunan Renstra yang diampu oleh Dr. Novan Ardy Wiyani sekaligus pemegang kedudukan sebagai sekretaris jurusan program studi Manajemen Pendidikan Islam. Kegiatan praktikum ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I.

Kegiatan praktikum ini dilakukan oleh Mahasiswa MPI B beranggotakan Syawal Hidayatuloh, Umi Soliah, Zahra Nur Anisa, Unaesi Suroya, Siti Chodijah, M.Adib Shofawi, Mungizudin, Mita Augustin, Laila Nur Azizah, Widya Gandari, Hilda Gita Annisa, Krisdiyanti. Kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk semua pengurus OSIS di SMP N 3 Purwokerto ini bertemakan “Implementasi Kepemimpinan Transformasional di Organisasi Siswa Intra Sekolah”. Ujar Syawal selaku ketua panitia kegiatan praktikum di SMP N 3 Purwokerto.

Sebelum pada tahap penentuan tema tersebut tentunya mahasiswa yang akan melakukan kegiatan ini harus mengetahui apa itu Latihan Dasar Kepemimpinan. “Jadi Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh suatu kelompok yang mampu memahami tentang kepemimpinan kepada pengurus OSIS maupun pihak yang berstruktur kepemimpinan, bisa juga oleh pengurus OSIS lama kepada calon pengurus OSIS baru, baik tingkat Sekolah Menengah maupun Sekolah Tingkat Atas” Begitu penjelasan dari Siti Chodijah selaku pemateri pada kegiatan praktikum tersebut.

Selanjutnya kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi pengurus OSIS di SMP N 3 Purwokerto dibuka dengan diawali pembacaan yaumul kitab oleh seluruh peserta dan panitia, kemudian diisi dengan sambutan oleh ketua panitia dan pembina OSIS SMP N 3 Purwokerto, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang di pandu oleh saudari Mita Augustin. Kemudian Penyampaian materi dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB di Aula SMP N 3 Purwokerto. Terdapat 2 materi yang dipaparkan yaitu materi Kepemimpinan secara umum oleh Siti Chodijah dan materi Kepemimpinan Transformasional oleh Muh. Adib Shofawi. Keduanya diberi waktu 15 menit untuk masing-masing materi. Penyampaian materi diikuti oleh seluruh pengurus OSIS. Pemateri juga membuka kesempatan yang bertanya kepada peserta tentang materi yang disampaikan. Pemateri pertama memulai dengan sambutan semangat kepada peserta setelah diantarkan oleh moderator.

Pemateri kedua memulai dengan ice breaking yang diikuti para siswa dengan semangat. Para pembina juga terlihat antusias dalam mengawasi penyampaian materi. Pada sesi tanya jawab, para siswa mampu bertanya, berdiskusi dan berinteraksi dengan baik. Penyampaian materi diakhiri dengan ice breaking dan kemmudian penutupan. Setelah itu, acara dipegang kembali oleh moderator untuk materi implementasi kepemimpinan berupa praktek Problem Solving. Semua rangkaian kegiatan praktikum berakhir pada pukul 12:00 WIB. Ucapan terimakasih saling terucapkan baik dari panitia maupun pembina OSIS atau pihak Sekolah. Dilanjut dengan berjabat tangan, kemudian panitia membersihkan tempat kegiatan lalu mendatangi kantor sekolah untuk pamit meninggalkan SMP N 3 Purwokerto.

Leave us a Comment