MAHASISWA MPI ISI WORKHOP KEPEMIMPINAN DI MA AL-IKHSAN BEJI

image_url

Dalam rangka menumbuhkan dan menciptakan bibit unggul untuk bangsa, mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam kelas 6 MPI A mengadakan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi) di kegiatan kita ini adalah juga tugas kuliah Praktikum Kepemimpinan dan Renstra yang diampu oleh Bapak Dr. Novan Ardy Wiyani M.Pd.I.

Kegiatan dilaksanakan pada 23 Februari 2020 bertempat di MA Al-ikhsan Beji Kedungbanteng. LDKO menyajikan materi keorganisasian dan kepemimpinan. Materi keorganisasian diisi oleh Adnan Muharrom, di mana di materi tersebut berisi bagaimana merencanakan yang baik, kerja tim, strategi goal tujuan organisasi dan mental seseorang yang mengikuti organisasi. Materi kedua di isi oleh Refa Mahdiyana yang membawakan materi kepemimpinan, yang dibawakannya berisi macam-macam gaya kepemimpinan dan bagimana caranya menjadi pemimpin yang baik. Materi LDKO disampaikan bukan hanya dengan pendekatan student centered. Hal itu menjadikan peserta antusias mengikuti LDKO. Mereka sangat aktif bertanya dan mengkritik berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber. Peserta kegiatan LDKO peserta didik yang tergabung dalam OSIM dan Pramuka.

Selesai penyampaian materi, kegiatan dilanjut dengan menyelenggarakan FGD (forum Group Diskusi) dan pembagian hadiah. Pada FGD dibahas berbagai permasalahan tentang praktik kepemimpinan di madrasah dan dicari solusinya.  Ketua OSIM sebagai peserta kegiatan LDKO mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh mereka. Mereka berharap ke depan mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FTIK IAIN Purwokerto dapat menindaklanjuti hasil kegiatan ini ke dalam kegiatan lainnya.

Leave us a Comment