Mahasiswa Tadris Matematika Raih Juara 3 Lomba Pemodelan Matematika Tingkat Perguruan Tinggi se Indonesia

image_url

Pekan Seni Bermatematika (PSB) merupakan sebuah agenda tahunan Himatika Universitas Andalas (UNAND) Kota Padang, Sumatera Barat. Pada tahun 2020 ini merupakan PSB ke XVII yang diadakan Himatika Universitas Andalas. Acara yang berlangsung mulai tanggal 6-8 Februari 2020 ini, melibatkan anak SMP, SMA, maupun Mahasiswa untuk berkompetisi di berbagai bidang Matematika, salah satunya Lomba Pemodelan Matematika.  Lomba Pemodelan Matematika merupakan satunya-satunya bidang lomba yang dapat diikuti  oleh Mahasiswa untuk berkompetisi memperebutkan juara pemodelan matematika.

Lomba Pemodelan Matematika merupakan lomba dengan memodelkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari kedalam bentuk matematika disertai penyelesaiannya. Lomba ini terbagi dalam dua Tahap yaitu Tahap penyisihan dan Tahap Final. Pada tahap penyisihan yaitu seleksi isi dan gagasan Paper Pemodelan Matematika. Dari berbagai tim dan be kampus di Indonesia, Tim dari Tadris IAIN Purwokerto atas nama Agus Maqruf (1617407002) dan Ajeng Naila Robiha (1617407005) berhasil lolos untuk melaju ke babak Final dan berhak untuk mempresentasikannya di hadapan Dewan Juri. Tim tersebut mengangkat tema pemodelan berupa kebencanaan dengan judul paper pemodelan yaitu "Menentukan Fungsi Polinomial Prakiraan Jumlah Bencana Alam Kabupaten Banyumas Berdasarkan Pengaruh Jumlah Curah Hujan Rentang Tahun 2015 sampai 2018 menggunakan metode Interpolasi Lagrange".

Dari Hasil presentasi tersebut Tim dari Tadris Matematika IAIN Purwokerto tersebut berhasil meraih juara 3 dengan juara 1 dari Tim Matematika Universitas Andalas itu sendiri. Tidak hanya berhenti disitu, hasil yang didapatkan melalui paper pemodelan tersebut yaitu suatu Fungsi Polinomial Prakiraan Jumlah Bencana, atas usulan ketua BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas), Pemodelan Prakiraan Jumlah Bencana tersebut akan ditindaklanjuti dan dikembangkan di BPBD Banyumas sebagai upaya mitigasi bencana.

Leave us a Comment