JURUSAN MPI SUKSES SELENGGARAKAN PRAKTIKUM MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN

image_url

Persaingan antar lembaga pendidikan di masa sekarang ini semakin tak terelakkan, terutama ketika bersaing dalam hal rekruitmen siswa baru. Keberhasilan setiap lembaga pendidikan dalam kegiatan rekruitmen siswa baru ke depannya akan mempengaruhi eksistensi dari lembaga pendidikan tersebut, khususnya bagi lembaga pendidikan swasta. Untuk mendukung keberhasilan tersebut maka setiap sekolah meracik berbagai strategi promosi yang dapat memberikan sumbangsih dalam keberhasilan rekruitmen siswa baru. Jika hal itu tidak bisa dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan, maka ia akan tertinggal dalam hal pemerolehan siswa baru. Ini menegaskan bahwa promosi menjadi sesuatu yang sangat vital dalam bidang pendidikan.

Kemampuan lembaga pendidikan untuk bisa mempromosikan layanan pendidikannya tidak bisa lepas dari kemampuan kepala sekolah dan guru dalam mensosialisasikan layanan pendidikannya dan membuat benchmarking atau mudahnya merk dari lembaga pendidikannya. Namun sungguh disayangkan, tidak semua kepala sekolah dan guru dapat melakukannya karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam hal manajemen pemasaran pendidikan.

Didasari oleh problem di atas maka Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto pada selasa 2 Juli 2019 menyelenggarakan praktikum mata kuliah manajemen pemasaran pendidikan dengan menghadirkan dua narasumber sekaligus.

Dimas Indianto, M.Pd.I sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang sosialisasi dan promosi sekolah melalui citizen journalis. Kemudian Harisatunisa, S.Pd., M.Ed menjadi narasumber yang menyampaikan materi tentang pembuatan merk sekolah untuk suksesi promosi sekolah. Acara yang berlangsung dengan penuh keakraban dan penuh dengan dialog interaktif ini dimoderatori oleh Yosi Intan Pandini Gunawan. Dalam sambutannya, sekjur MPI, yaitu Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I menyampaikan jika tujuan dari diadakannya kegiatan praktikum ini adalah untuk membekali mahasiswa agar mereka memiliki keterampilan dalam mempromosikan sekolah atau madrasah. Hadir dalam acara ini sebanyak 80 mahasiswa yang berasal dari kelas 6 MPI A dan 6 MPI B.

Leave us a Comment