MERAYAKAN PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Sejak kinerja Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PAIUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto terakreditasi B (30/12/2018), maka tahun 2019 menjadi tahun kinerja baru untuk terus meningkatkan mutu pengelolaan dan pengembangan Prodi PIAUD yang lebih baik lagi. Sejak tahun 2019, Prodi PAIUD IAIN Purwokerto, salah satu fokusnya adalah mendorong para mahasiswa untuk berkiprah dan berkompetisi di skala yang lebih luas, yaitu di tingkat nasional. Melalui pendampingan dan bimbingan intensif, mahasiswa ditingkatkan kualitas keterampilan, literasi, dan keilmuannya agar bisa berkompetisi dengan baik.

Hasilnya pada catur wulan pertama, yaitu bulan Januari – April 2019, mahasiswa Prodi PIAUD IAIN Purwokerto telah menyabet 12 piala sebagai juara di tingkat nasional, yang kegiatan perlombaannya diselenggarakan oleh kampus-kampus ternama, antara lain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, sampai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Prestasi-prestasi ini diraih dalam lomba akademik dan kreativitas pendidikan anak usia dini, baik yang berupa keterampilan maupun pengembangan ilmu pengetahuan.

Menurut Cesilia Prawening, peraih juara 2 Tingkat Nasional Lomba Menulis Esai Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2019 menuturkan bahwa dirinya bisa menjadi juara karena iklim akademik kreatif di bangun di Prodi PIAUD. Setiap ada kesempatan berkompetisi, saya dan teman-teman mahasiswa lainnya akan didorong oleh Prodi PIAUD untuk mengikuti, dan para dosen-dosen Prodi PIAUD selalu membimbing kami dengan sangat baik. Hasilnya, kami selalu siap berkompetisi dalam bidang apapun dengan mahasiswa dari kampus lain. Dan hasilnya, kami selalu banyak meraih kemenangan.

Sedangkan Ika Nur Hanifa, pendongeng mahasiswa Prodi PIAUD, yang telah meraih sepuluh kejuaraan mendongeng tingkat nasional menjelaskan bahwa di Prodi PIAUD kami diarahkan untuk mengembangkan kreativitas dalam bidang anak usia dini. Saya awalnya tidak bisa mendongeng, tetapi melalui mata kuliah pilihan mendongeng dan bimbingan para dosen, saya bisa menjadi yang sekarang ini. Saya suka mendongeng dan meraih banyak juara di tingkat nasional. Bahkan, sekarang mendongeng menjadi sumber kehidupan saya untuk membiayai kuliah dan kehidupan.

Dengan iklim kreatif dan berprestasi yang menjadi nafas Prodi PIAUD IAIN Purwokerto, maka Prodi PIAUD perlahan-lahan bermetamorfosis menjadi Prodi yang menjadi rujukan Prodi PIAUD se-Indonesia dalam bidang pengembangan kreativitas mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa Prodi PIAUD telah memiliki daya saing tinggi dalam pengembangan kreativitas mahasiswa. Semoga aset ini bisa terus dikembangkan Prodi PIAUD yang mempunyai mimpi tinggi untuk menjadi Prodi yang dikenal di dunia internasional karena pengembangan kreativitas mahasiswanya. (Nur Hafidz, Mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto)

Leave us a Comment