MAHASISWA KKN PPL THAILAND IAIN PURWOKERTO IKUT BERPARTISIPASI DALAM PERAYAAN WAN KRU (HARI GURU) DI SONGSERM ISLAMIC SCHOOL

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Mahasiswa KKN PPL Thailand FTIK IAIN purwokerto ikut berpartisipasi dalam kegiatan hari guru di Songsrem Islamic School pada Rabu, 23 Januari 2019. Kegiatan ini dalam bahasa melayu disebut juga dengan Wan Kru. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru dan siswa Songserm Islamic School. Mereka semua antusias dan merasa gembira dalam menyambut hari guru tersebut.

Dalam perayaan Wan Kru ini mereka wajib memekai baju khas melayu. Bagi para kaum lelaki, baik guru maupun semua siswa harus memakai baju melayu yang disebut teluk belango. Sedangkan bagi kaum perempuan mereka memakai baju kurung, yaitu baju khas perempuan Thailand. Dalam acara ini diadakan tukar hadiah. Semua guru laki-laki dan perempuan wajib membeli hadiah yang nantinya hadiah tersebut akan ada sesi tukar menukar hadiah antara semua guru dan para siswanya.

Selain itu perayaan wan kru ini diisi dengan berbagai kreatifitas dari para siswa Songserm Islamic School seperti membaca puisi, melagu nasyid dan saya sendiri menampilkan Tilwah al-qur’an, kesenian yang biasanya dibawakan oleh orang Indonesia dalam acara panggung islam yang biasanya dibacakan setelah melakukan muqodimah pembukaan sebuah acara dalam susunan acara. Saya sangat bannga bisa mengikuti program KKN PPL INTERNASIONAL ini sehingga saya dapat mengenal dan menambah wawasan tentang budaya yang ada di luar negeri. (Iftah)

Leave us a Comment