MAHASISWA KKN PPL THAILAND MENJADI PEMBIMBING DALAM KEGIATAN DAKWAH DI NIRANDONWITYA SCHOOL PROVINSI NARATHIWAT THAILAND SELATAN

image_url

Kamis 07 Februari 2019, dua orang mahasiswa KKN PPL Thailand yang bertugas di  Bakong Pittaya School Pattani Thailand Selatan menjadi pembimbing peserta Kegiatan Dakwah yang  berlangsung selama 4 hari di Narathiwat, tepatnya di Nirandonwitya School dan Daerah Sungai Kolok.

Acara dakwah tersebut dikhususkan untuk pelajar perempuan. Acara ini adalah acara tahunan di Nirandonwitya School. Mengingat tahun kemarin dikhususkan untuk pelajar laki-laki, maka tahun ini khusus untuk pelajar perempuan. Acara ini diawali dengan registrasi kedatangan, cek kamar, lalu pembukaan majelis dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an dan sambutan-sambutan. Adapun yang membacakan al-Qur’an dalam pembukaan majelis adalah salah satu pembimbing dari Bakong Pittaya  School, yaitu Ni’mah Khoeriyah yang juga sebagai mahasiswa KKN PPL Thailand dari Indonesia.

Setelah pembukaan majelis, terdapat sesi perkenalan antarsekolah. Peserta dari Bakong Pittaya School memperkenalkan diri dan memperkenalkan pula perihal sekolah. Sedangkan dua orang pembimbingnya membawakan lagu yang sangat terkenal di Tanah Thailand Selatan, yaitu  Ya Maulana dari Nisa Sabyan.

Hari kedua, semua peserta pindah tempat ke Daerah Sungai Kolok, Provinsi Narathiwat. Di sana kegiatan yang dilaksanakan antara lain, salat wajib dan salat sunnah berjamaah, dzikir, tadarus al-Qur’an, hafalan doa-doa harian, dan mendengarkan ceramah. Semua kegiatan sangat bernafaskan Islami yang dipimpin langsung oleh para Ustadzah dari Nirandonwitya School dan Daerah Sungai Kolok. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa para pelajar sekaligus menanamkan pendidikan agama dan peringatan untuk selalu menjaga diri sebagai perempuan mulia Islam.

Dalam acara tersebut, peserta KKN PPL Thailand dari Bakong Pittaya School mengenalkan diri kembali dengan menyebut asal Indonesia. Mereka sangat senang kehadiran tamu asing yang bisa bergabung dalam acara tersebut. Pelayanan yang mereka berikan sangat hangat dan sangat terasa ukhuwah Islamiyah yang mereka bangun.

Dalam acara penutupan majelis, banyak tokoh-tokoh penting yang hadir, di antaranya Petinggi Nirandonwitya School, para Kyai, Petinggi Daerah Sungai Kolok, dan jajaran Ustadz pengajar. Dalam penutupan majelis tersebut, pembimbing dari Bakong Pittaya School Ni’mah Khoeriyah tampil kembali membawakan nasyid berbahasa Arab dan bahasa Inggris.

Acara tersebut selesai pada tanggal 10 Februari 2019 pukul 10 pagi waktu setempat. Para peserta dijemput oleh jemputan masing-masing sekolah dengan membawa banyak pengalaman berharga.

(Esa Atifa)

Leave us a Comment