MAHASISWA KKN-PPL THAILAND IAIN PURWOKERTO BERPUISI DAN BERNYANYI DALAM ACARA FESTIVAL PELAJAR/PESTA ILMIAH AL-FALAH AL ISLAMEE SCHOOL, BANANG SATA YALA – THAILAND

image_url

Mahakam adalah nama lain dari festival pelajar atau pesta ilmiah siswa. Mahakam merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh sekolah Al-Falah Al Islamee. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang seni dan sains akademik.

Kegiatan mahakam tahun ini jatuh pada tanggal 30-31 Januari 2019. Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 orang baik civitas akademik, para pejabat daerah serta para tokoh masyarakat sekitar.

Kegiatan mahakam ini diselenggarakan selama dua hari. Hari pertama ialah bertajuk budaya melayu (seluruh pelajar dan guru mengguanakan pakaian khas melayu). Layaknya seperti kegiatan yang diselenggarakan di Indonesia, kegiatan ini di buka langsung oleh menteri pendidikan daerah Banang Sata, bilau ialah Abdul Fatah Domoloh, dan dilanjutkan dengan penceramah oleh Babo Yusuf, serta setelahnya diisi oleh penampilan-penampilan kesenian melayu. Diantaranya: lakon melayu, bershalawat, nasyid, pembacaan puisi, bernyanyi, paduan suara dll.

Hari kedua, ialah bertajuk akademik berisikan perlombaan-perlombaan dan undian berhadiah. Adapun cabang yang diperlombakan ialah: Nasyid, baca berita bahasa Inggris, baca puisi, pidato, daur ulang sampah, tata biosistematika dll.

“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiaitan Mahakam ini, karena selain mampu melatih skill, saya juga bisa paham bagaimana konsepan acara di luar negeri” jelasnya.

Basuni sendiri berpartisipasi penuh dalam kegiatan Mahakam ini diantaranya: di hari pertama sebagai pembaca puisi bertema toleransi serta bernyanyi dalam bahasa inggris bersama dua pelajar lainnya. Dan di hari kedua menjadi dewan juri dalam cabang lomba pembacaan teks berita bahasa Inggris serta membawakan nasyid bersama empat pelajar lainnya.

“Berproses bagi saya adalah nomor wahid, diluar kita nervous atau melakukan kesalahan adalah manusiawi” jelasnya.

Seluruh kegiatan tersebut berjalan dengan lancar serta penuh dengan khidmat.

Leave us a Comment