MAHASISWA KKN PPL INTERNATIONAL IAIN PURWOKERTO MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI PHATHALLUNG-THAILAND

image_url

Anak Harimau adalah nama lain dari kegiatan kepramukaan di daerah Yala-Thailand. Anak Harimau merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh sekolah Al-Falah Al Islamee. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk melatih kretifitas dan kedisiplinan siswa di alam bebas.

Kegiatan anak harimau tahun ini jatuh pada tanggal 5-7 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti lebih dari 250 siswa beserta para guru yang tergabung dalam kegiatan ini.

Kegiatan anak harimau ini diselenggarakan selama tiga hari dua malam. Hari pertama ialah pemberangkatan dan pembuatan lokasi perkemahan (seluruh pelajar dan guru mengguanakan pakaian anak harimau/pramuka). Layaknya seperti kegiatan yang diselenggarakan di Indonesia, kegiatan ini berjalan sangat meriah disambut suka cita oleh pelajar ataupun dewan guru.

Hari kedua, ialah berisikan perlombaan-perlombaan baik perlombaan di dalam ataupun luar lapang. Perlombaan di dalam meliputi: nasyid dan drama. Sedangkan perlombaan di luar lapang diantaranya: jaring laba-laba, ayunan, bakiak, berjalan di atas drum, papan seluncuran, arung jeram dll. Serta di malam puncak diadakan kegiatan renungan bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta kepada orang tua, lingkungan dan tanah air. Dan di hari ketiga; ialah sayonara atau perpisahan.

“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiaitan anak harimau ini, karena selain mampu mengetahui kepramukaan di sini, saya juga bisa paham bagaimana konsepan acara yang di buat di luar negeri” jelasnya.

Basuni sendiri berpartisipasi aktif dalam kegiatan anak harimau ini diantaranya: di hari pertama sebagai pemandu kelompok 6. Dan di hari kedua sebagai pemberi materi motivasi saat acara renungan.

Seluruh kegiatan tersebut berjalan dengan lancar serta penuh dengan khidmat.

(Basuni)

Leave us a Comment