Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) FTIK IAIN Purwokerto PPL di RA Banyumas dan Purbalingga

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Sebanyak 120 mahasiswa PPG dalam Jabatan Tahun 2019 melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Raudlatul Athfal (RA) Banyumas dan Purbalingga.

Koordinator pelaksana PPG FTIK IAIN Purwokero Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. menyampaikan bahwa mahasiswa akan melaksanakan kegiatan PPL selama kurang lebih 3 minggu terhitung mulai tanggal 18 Februari 2019 dan berakhir tanggal 11 Maret 2019. “ Sampai dengan hari ini mahasiswa telah melaksanakan PPL kurang lebih sudah satu minggu sehingga tersisa waktu dua minggu lagi untuk menyelesaikan PPL” ucap Rohmat. Adapun tempat pelaksanaan PPL adalah Raudlatul Athfal (RA) yang ada di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Jumlah RA yang menjadi tempat PPL mahasiswa sebanyak 15 RA dengan kuailfikasi telah terakreditasi A dan ada guru yang telah sertifikasi.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) H. Siswadi, M.Ag. pada saat menyerahkan mahasiswa PPL di BA Aisiyah Sinduraja Kabupaten Purbalingga menyampaikan bahwa FTIK saat ini menerjunkan sebanyak 8 mahasiswa untuk ber PPL di BA Aisiyah Sinduraja. Siswadi melanjutkan bahwa 120 mahasiswa PPG bimbingan LPTK FTIK IAIN Purwokerto disebar ke 15 RA/BA di Banyumas dan Purbalingga sehingga tiap RA/BA rata-rata ada 8 mahasiswa. Disela sambutannya Siswa memohon kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong di BA tersebut agar dapat menerima mahasiswa dengan tangan terbuka dan mau memberikan arahan kepada para mahasiswa meskipun mereka sudah memiliki pengalaman dalam mengajar. “kami mohon kesediaan Ibu Kepala RA dan Guru Pamong untuk membimbing mahasiswa kami, meskipun mereka sebenarnya sudah berpengalaman mengajar RA/BA bahkan ada yang berpengalaman selama 20 tahun di RA” ucap Siswadi.

Kepala RA Aisiyah Sinduraja Ibu Mungalimah dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada FTIK IAIN Purwokerto karena telah mempercayakan RA Aisiyah sebagai sekolah mitra dalam pelaksanaan PPL mahasiswa PPG. Kedatangan mahasiswa PPL PPG dari FTIK IAIN Purwokerto  ini sangat membantu pihak RA Aisiyah. “Kami sangat berterima kasih kepada pihak FTIK IAIN Purwokerto karena mempercayakan kami sebagai mitra, kedatangan mahasiswa PPL tentunya sangat membantu kami” ucap Mungalimah.

Diakhir penyerahan Siswadi mengajak mahasiswa PPL untuk menjaga hubungan baik dengan warga RA Aisiyah baik kepada guru maupun wali siswa. (ftw)

Leave us a Comment