Peer Teaching Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan FTIK IAIN Purwokerto

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Mahasiswa program PPG FTIK IAIN Purwokerto antusias melakukan latihan mengajar atau peer teaching yang bertempat di gedung perkuliahan FTIK pada 29 Januari sampai 1 Februari 2019.

Peer teaching merupakan salah satu rangkaian kegiatan lokakarya PPG. Sebelum kegiatnan peer teaching dilakukan, mahasiswa telah membuat instrumen pembelajaran seperti rencana pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran. Instrumen pembelajaran yang telah dibuat oleh mahasiswa tersebut juga telah dipresentasikan di hadapan instruktur PPG. Kritik dan saran dari instruktur PPG menjadi bahan untuk perbaikan instrumen pembelajaran digunakan untuk peer teaching.

Menurut Rohmat selaku koordinator pelaksana PPG menjelaskan bahwa peer teaching wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa PPG dalam Jabatan. Adapun teknis pelaksanaan peer teaching ini mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 9-11 mahasiswa. Tiap kelompok melakukan peer teaching di kelas yang telah ditentukan oleh panitia.

Setiap mahasiswa tampil untuk praktik mengajar dalam kelas kecil. Setiap penampilan langsung dinilai dan dikomentari langsung oleh instruktur. Tiap mahasiswa diberi waktu kurang lebih 60 menit untuk melakukan satu kali kegiatan peer teaching dengan tujuan mahasiswa bisa menerapkan rencana pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sesungguhnya agar kegiatan yang dilakukan mahasiswa dapat diperhatikan sedetail mungkin.

Dalam kegaiatan peer teaching tersebut terlihat semangat para peserta untuk dapat mengajar dengan maksimal. Menurut Khairul Anam yang juga sebagai anggota pengelola PPG menuturkan bahwa peserta PPG di FTIK IAIN Purwokerto memiliki semangat sangat besar untuk menjadi guru RA yang memiliki kompetensi unggul. Faktor usia tidak menjadi kendala bagi mereka untuk berjuang menjadi guru RA yang tersertifikasi unggul. “Harapan kami sebagai pengelolaa PPG di FTIK semoga Ibu-Ibu peserta PPG diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT dan semuanya lulus ujian”Ucap Anam. (ftw)

Leave us a Comment