Lebih dari 250 Mahasiswa FTIK Mengikuti Workshop Pembelajaran dan Kepemimpinan

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Sebanyak lebih dari 250 mahasiswa FTIK mengikuti workshop pembelajaran dan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Laboratorium FTIK pada tanggal 28 – 30 Januari 2019. Kegiatan yang bertempat di Auditorium utama IAIN Purwokerto ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Kepala laboratorium FTIK, H.Siswadi, M.Ag. menjelaskan bahwa workshop merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka pembekalan mahasiswa sebelum mereka terjun ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) dan praktik kerja lapangan (PKL).

“Workshop pembelajaran dan kepemimpinan ini bertujuan agar mahasiswa siap dan mampu melaksanakan tugas di sekolah masing-masing pada saat praktik pengalaman lapangan atau PPL dan praktik kerja lapangan atau PKL”ucap Siswadi.

Hari pertama workshop pembelajaran dimulai pada tanggal 28 Januari 2019 dengan peserta dari prodi PAI, PBA, TBI dan TMA. Acara dibuka pukul 08.00 oleh wakil rektor I Dr. Munjin, M.Pd dan dilanjutkan dengan materi pengembangan kurikulum 2013. Materi kedua tentang manajemen kegiatan kesiswaan dilanjutkan materi tentang konsep penilaian autentik sampai pukul 12.00 WIB. Acara dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 dengan materi administrasi persekolahan dengan narasumber H.M. Slamet Yahya, M.Ag. Adapun materi terakhir diisi oleh Drs.H. Yuslam, M.Ag. tentang pembuatan RPP dan implementasinya.

Hari kedua workshop pembelajaran pada tanggal 29 Januari 2019 diikuti oleh peserta dari prodi PIAUD dan PGMI. Adapun materi yang disampaikan sama seperti hari pertama. Sedangkan khusus untuk mahasiswa prodi MPI mengikuti workshop kepemimpinan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2019.

Secara keseluruhan acara dapat berjalan dengan lancar dan semua peserta mengikuti dengan penuh antusias. Hal ini seperti disampaikan oleh salah satu peserta workshop bahwa workshop sangat bermanfaat karena materi yang disampaikan aplikatif. (ftw)

Leave us a Comment