EMPAT MAHASISWA PIAUD RAIH PRESTASI NASIONAl DALAM FESTIVAL BERKISAH UIN SUNAN KALIJAGA

image_url

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Setelah melewati proses kreatif yang intensif, serta seleksi yang ketat, akhirnya, hari yang di tunggu tiba juga, pagi itu kabar gembira berupa kemenangan prestasi datang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto. Hasil kreativitas mahasiswa Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto meraih juara dari dua cabang dan dua kategori lomba Festival Berkisah Nasional II yang Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (23/11/2018) mahasiswa Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto berhasil memborong empat kemenangan dari lomba tersebut.

Mahasiswa Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto yang memperoleh prestasi sebagai pemenang antara lain: Pertama, Ika Nur Hanifah, juara I lomba mendongeng kategori mahasiswa, dengan dongeng berjudul “Kisah Nabi Nuh dan Kapal Raksasa.” Kedua, Wafa Aerin, juara III lomba mendongeng kategori guru PAUD, dengan dongeng berjudul “Kisah Nabi Ayub yang Penyabar.” Ketiga, Musyafa Ali, juara I lomba menulis cerita/kisah islami kategori mahasiswa dengan judul cerita “Dinda Gadis Kecil yang Baik Hati.” Keempat, Cesilia Prawening, juara II lomba menulis cerita/kisah islami kategori guru PAUD dengan judul cerita “Ayam Jago Pembangun Shubuh.”

Festival Berkisah Nasional II tahun 2018 ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Sunan Kalijaga, ditujukan kepada seluruh guru dan mahasiswa Program Studi PIAUD se-Indonesia. Adapun cabang lomba yang dilombakan antara lain lomba bercerita atau mendongeng islami untuk Anak Usia Dini, lomba menulis cerita atau kisah islami untuk Anak Usia Dini, dan juga lomba membaca kisah atau cerita islami eyang kakung dan eyang putri. Tujuan dari Festival Berkisah Nasional II ini diadakan tidak lain adalah, menyiapkan calon pendidik PAUD/PIAUD sebagai profil utama, selain sebagai juru cerita atau edupreneur di bidang PIAUD.

Menurut Heru Kurniawan, M.A., selaku Kaprodi PIAUD, menjelaskan bahwa prestasi ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto. Karena kemenangan di tingkat nasional ini menunjukkan kualitas kreativitas mahasiswa PIAUD dalam bidang berkisah yang tidak diragukan lagi. Dan dalam berbagai kejuaraan lomba berkisah dan mendongeng, mahasiswa Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto sudah sering menjadi juara. Sedangkan Drs. Yuslam, M.Pd., selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, mengakatakan bahwa salut buat mahasiswa Prodi PIAUD yang selalu membanggakan FTIK IAIN Purwokerto. Saya selalu mengikuti perkembangan prestasinya yang selalu membanggakan, dan saya menyaksikan sendiri mahasiswa PIAUD penuh semangat dan prestasi. Prestasi ini harus selalu dijaga dan ditingkatkan lagi ke depannya untuk kemajuan dan nama baik FTIK IAIN Purwokerto (Musyafa Ali, mahasiswa PIAUD 2016).

Leave us a Comment