MAHASISWA KKN PPL INTERNASIONAL FTIK IAIN PURWOKERTO KEMBANGKAN KEGIATAN BELAJAR KREATIF DAN INOVATIF UNTUK ANAK-ANAK USIA DINI DI THAILAND

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Bakong Pittaya School Pattani, keberadaan mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto berperan penting dalam membantu pengembangan sekolah. Berbagai inovasi dan kreativitas kegiatan dalam melaksanakan program-program sekolah dilaksanakan dengan baik. Sekolah pun merasakan dampaknya secara langsung, yang terlihat pada kegiatan belajar yang semakin baik dan terus berkembang.

Dalam sektor kegiatan belajar inilah, mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang kreatif dan inovatif. Di sini mahasiswa yang dipimpin Ahmad Syafei dan Anastya Nida, yang bertugas di Bakong Pittaya School, berinisitif mengembangkan kegiatan belajar-mengajar di Annuban (Taman Kanak-kanak).

Mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto mengembangkan kegiatan belajar anak usia dini yang berbasis bermain, bercerita, dan menyanyi dalam pengembangan bahasa asing Arab dan Indonesia. Pada awalnya anak-anak usia dini kaget dan asing dengan belajar bahasa Arab dan Inggris dengan metode tersebut. Akan tetapi, dengan pendekatan yang intensif, komunikatif, dan menyenangkan, anak-anak usia dini kemudian terbiasa dan senang. Sampai kemudian anak-anak menikmati dan senang belajar dengan mahasiswa.

Setelah satu bulan dilaksanakan, terbukti anak-anak usia dini sangat senang. Banyak kosakata dan lagu anak-anak berbahasa Arab dan Inggris yang telah dihafal oleh anak-anak, dan dengan sendirinya, ini sangat membantu guru Annuban itu sendiri. Kepala Manajemen Sekolah, H. Usman Toktayong, S.Pd, mengatakan bahwa luar biasa mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto dalam mengajar anak usia dini. Anak-anak sangat suka dan kemampuan bahasa Arab dan Inggris anak-anak berkembang pesat. Dari sini, menurut H.Usman Toktayong, S.Pd., selanjutnya mahasiswa KKN PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto akan selalu dilibatkan dalam pengajaran di level Annuban. Tujuannya, agar pendidikan tingkat Annuban di sini bisa maju dan berkebang dengan pesat. Redaksi FTIK

Leave us a Comment