Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan PBA Mengikuti Lokakarya II Ikatan Pengajar Bahasa Arab Se-Indonesia

image_url

Ikatan Pengajar Bahasa Arab Se-Indonesia atau IMLA mengadakan Loka karya II yang digelar di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo sejak hari Selasa 16-18 Januari 2018.

Kajur dan Sekjur Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto turut serta dalam kegitan Lokakarya tersebut. Bersama dengan sejumlah peserta yang sekitar 130 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. pada hari Selasa 16 Januari 2018 bertempat di Hall CIOS UNIDA Gontor. Selaku tuan rumah dalam acara tersebut, Rektor menyampaikan apresiasi “kami sangat senang dan berterimakasih atas terselenggaranya Lokakarya II Linguistik Korpus Arab di Indonesia bertempat di kampus UNIDA Gontor, tuturnya.

Sebelum acara dimulai, kegiatan ini diawali dengan pengantar dari Markaz Al Bughus Al Su’udiyah Dr. Ali Ma’youf dari Saudi, dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya Korpus arab di kalangan akadimisi. Lebih lanjut ia menyampaikan Di Indonesia, korpus Arab belum banyak dikenal dan dipelajari oleh para akademisi dan praktisi bahasa Arab di Indonesia. Padahal di Indonesia terdapat banyak kitab-kitab dan manuskrip berbahasa Arab yang ditulis oleh ulama-ulama Indonesia yang mencerminkan kekhasan bahasa Arab yang ada di Indonesia. Kekhasan tersebut, ditambah dengan penggunaan Bahasa Arab yang aktif di beberapa pesantren dan institusi di Indonesia. Hal itu semua seharusnya menjadi bahan kajian korpus yang tidak ada habisnya. Namun kenyataannya hal itu semua belum terjamah oleh kajian korpus Arab secara spesifik. Berangkat dari hal inilah, penyusunan korpus Arab di Indonesia menjadi suatu hal yang mutlak harus segara dilakukan. Imbuhnya.

Pada sesi pertama, dipaparkan pengetahuan tentang Korpus, manfaat korpus dan contoh-contoh korpus yang ada. Materi tersebut disampaikan oleh Totok Suhardijanto, M.Hum., Ph.D dari Universitas Indonesia Jakarta.

Pada sesi selanjutnya disampaikan dengan menggunakan pengantar Bahasa arab, Korpus Arab, selain menjadi sebuah kajian yang mampu merepresentasikan khazanah kekayaan bahasa Arab Nusantara juga mampu memberikan ruang khusus bagi para peneliti perguruan tinggi untuk mengembangkan penelitian yang berbasis data korpus. Atau bahkan korpus yang dihasilkan dari data-data penelitian yang sudah dilakukan. Hal ini sudah dibuktikan oleh Prof. Madya. Dr. Haslina binti Hassan – dosen dan peneliti korpus Arab di IIU Malaysia dengan sederetan penelitian yang berbasis pada data korpus.

Pembicara menjelaskan lebih detail terkait pemanfaatan korpus dalam proses pendidikan diantaranya adalah untuk pembuatan bahan ajar dalam bahasa Arab. Langkah tersebut dimulai dengan melakukan penelitian terhadap data-data korpus dan untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan ajar. Dalam forum ini juga beliau menegaskan bahwa pemanfaat korpus Arab dalam menunjang aspek pendidikan harus dikuatkan, sehingga korpus tidak hanya menjadi bahan kajian yang stabil tapi lebih dinamis dalam menunjang aspek-aspek lain.

Pelatihan ini sangat membuka wacana para pemerhati bahasa Arab di Indonesia, bukan karena keterbaruan objek kajiannya akan tetapi lebih kepada pentingnya korpus sebagai sarana pendukung aspek-aspek pembelajaran terutama dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia di satu sisi dan sebagai objek penelitian di sisi yang lain” , tegas H. Akhmad Sangid, B.Ed., M.A., selaku peserta Lokakarya II Korpus Linguistik Arab dari IAIN Purwokerto tahun ini.

Leave us a Comment