KELOMPOK BERMAIN AL-AZKIA MULAI BERKEMBANG DI BAWAH PENGELOLAAN PRODI PIAUD-FTIK

image_url

Sejak tiga tahun terakhir, Kelompok Bermain (KB) Al-Azkia mengalami kemunduran dalam aspek jumlah peserta didik. Pada tahun 2016-2017, jumlah murid Al-Azkia hanya depan anak didik. Dan menjelang tahun ajaran 2017-2018, Prodi Pendidikan Islam  Anak Usia Dini (PIAUD), Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dharma Wanita IAIN Purwokerto, dengan dimediasi oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Purwokerto mengadakan musyawarah untuk memajukan KB Al-Azkia.

Hasil musyawarahnya adalah kesepakatakan bahwa Prodi PIAUD-FTIK diberikan kewenangan dan tugas untuk mengelola KB Al-Azkia secara otonom, baik dari aspek keuangan, pendidikan, sampai kurikulum. Prodi PIAUD pun membuat gerakan pendidikan murah untuk masyarakat sekitar IAIN Purwokerto, penerapan kurikulum berbasis literasi, dan pengelolaan kegiatan belajar yang melibatkan mahasiswa PIAUD FTIK.

Hasilnya, dua puluh lima anak didik sekarang belajar di KB Al-Azkia, dan menurut Kepala KB Al-Azkia, Bunda Ana, “Anak-anak didik yang belajar di KB Al-Azkia sangat senang dan antusias belajar di sini. Sampai mereka meminta sekolahnya bisa setiap hari belajar di sini. Orang tua juga senang. Kepercayaan masyarakat terhadap KB Al-Azkia tumbuh. Ini sangat potensial untuk terus dikembangkan.”

Maka, Bunda Ayu, mahasiswa PIAUD yang menjadi guru, berharap semoga KB Al-Azkia ke depannya bisa menjadi Lab School PIAUD sehingga bisa lebih fokus lagi untuk dikembangkan menjadi PAUD unggulan yang kedepannya tidak menutup kemungkinan menjadi cikal bakal lahirnya MI dan MTs yang pengelolaannya bermitra dengan FTIK. Dengan cara ini, FTIK bisa semakin maju dan berkembang karena bisa memiliki Lab School unggulan.

Menurut, Layla Mardiyah, M.Pd., selaku ketua koordinator Prodi PIAUD yang menangani pengembangan KB Al-Azkia mengatakan bahwa Kegiatan-kegiatan belajar dan bermain di KB Al-Azkia didukung dikomandoi langsung oleh dosen-dosen PIAUD yang memberikan pelatihan, motivasi, dan parenting kepada orang tua. Sehingga KB Al-Azkia terus dipantau perkembangannya untuk bisa didorong menjadi PAUD yang berkualitas. Semoga, sivitas akademik IAIN Purwokerto dan masyarakat sekitar semakin yakin untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di KB Al-Azkia, sehingga KB Al-Azkia bisa memberikan sumbangsih untuk kemajuan kampus IAIN Purwokerto. (liputan Cesilia Prawening, mahasiswa PIAUD-FTIK)

Leave us a Comment