HMJ PAI SELENGGARAKAN PELATIHAN MENULIS ESAI UNTUK MAHASISWA

image_url

Budaya menulis harus menjadi aktivitas yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sebab melalui menulis, mahasiswa bisa mengekspresikan, mengeksplorasi, dan mengaktualisasikan ide-gagasannya. Tidak hanya itu, melalui menulis, pemikiran kita dapat dikenang dan terus tersebar sepanjang masa.

Untuk itu, Program Studi Pendidikn Agama Islam (PAI), menyambut dan mendukung baik acara pelatihan menulis esai bagi mahasiswa PAI. Sebab melalui acara ini, diharapkan akan muncul penulis-penulis mahasiswa PAI yang hebat dan berprestasi, demikianlah salah satu hal penting yng disampaikan Dr. Suparjo, M.A. dalam sambutan pembukaan acara Pelatihan Menulis Esai yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pada Senin, 27 November 2017.

Acara yang diikuti oleh lima puluhan mahasiswa PAI ini mengangkat tema “Generasi Menunduk” yaitu generasi yang lebih banyak diam menunduk untuk larut dalam dunia gawai daripada dunia yang bergerak untuk bersosialisasi.

“Diharapkan melalui pelatihan penulisan esai ini, mahasiswa bisa mengkritisi fenomena dan memanfaatkan gawai sebagai media untuk menulis esai, daripada untuk komunikasi langsung yang tidak penting atau menggunakan gawai hanya sebatas untuk kesenangan semata” pungkas Suparjo.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Heru Kurniawan, S.Pd., M.A., yang merupakan Dosen FTIK-IAIN Purwokerto dan penulis buku serta M. Hamid Samiaji, mahasiswa FTIK-IAIN Purwokerto yang merupakan mahasiswa berprestasi dalam dunia penulisan karya ilmiah dan esai. Keduanya menyampaikan materi menulis esai dalam tiga sesi, yaitu sesi motivasi dan materi, sesi publikasi, dan sesai praktik menulis.

Dengan tiga sesi ini, serta dengan model pelatihan pendampingan langsung, dalam pelatihan tersebut, mahasiswa PAI bisa langsung menghasilkan tulisan esai, yang selanjutnya esai ini akan dipublikasikan langsung ke media massa dan dibukukan oleh HMJ PAI. Acara ini pun menjadi momen penting bagi mahasiswa PAI dalam mendalami praktik langsung menulis esai yang baik dan mampu dipublikasikan di media massa (Liputan, Cesilia Prawening, mahasisw PIAUD IAIN Purwokerto).

 

Leave us a Comment