SEMINAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN

image_url

Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan bekerja sama dengan SLB Yakut Purwokerto sukses melaksanakan Seminar Pendidikan pada hari Sabtu, 24 November 2017 yang bertempat di gedung pertemuan SLB Yakut purwokerto. Acara ini diikuti oleh banyak peserta teruatama yang memiliki konsentrasi terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus, baik guru maupun mahasiswa.

Seminar Pendidikan yang bertemakan “Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Memberikan Layanan bagi Anak Berkebutuhan Khusus” ini diisi oleh pakar pendidikan anak berkebutuhan khusus, Drs. Rubimanto, M.Pd., yang merupakan Kepala SLB Yakut Purwokerto sekaligus praktisi dan akademisi dalam bidang  anak berkebutuhan khusus.

Dalam materinya, Drs. Rubimanto, M.Pd., menjelaskan soal kenyataan anak-anak berkebutuhan khusus yang masih distereotipekan sebagai anak yang penuh persoalan dan mendapatkan perlakukan tidak adil, salah satunya dalam dunia pendidikan. Namun, sekarang pemerintah sudah menunjukkan kepedulian terhadap anak berkebutuhan khusus, salah satunya dengan adanya aturan bahwa setiak kelurahan dan kecamatan harus ada sekolah inklusi yang menangani anak berkebutuhan khusus.

Hal senada juga diungkapkan oleh Layla Mardiyah, M.Pd., selaku dosen Prodi PIAUD IAIN Purwokerto, yang dlm sambutannya menjelaskan soal pentingnya membangun kesadaran pada mahasiswa bahwa pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus itu penting, sehingga kelak mahasiswa saat lulus dari bangku perkuliahan memiliki kepedulian dan keterampilan mengajar yang baik pada anak berkebutuhan khusus.

Dari hal inilah, maka kerja sama Prodi PIAUD IAIN Purwokerto dengan SLB Yakut Purwokerto akan terus dilakukan, salah satunya kerja sama dalam mengadakan kegiatan seminar di SLB Yakut yang diselenggarakan oleh Prodi PIAUD IAIN Purwokerto dengan Himpunan Mahasiswa PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Liputan, Cesilia Prawening, mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto).

Leave us a Comment