PENGABDIAN DOSEN IAIN PURWOKERTO DAPAT PENGHARGAAN DARI KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAN RI

image_url

Setiap tanggal 9 September, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan Hari Aksara Internasional (HAI). Pada tahun 2017, HAI dilaksanakan di Kuningan yang dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Efendy.

Dalam acara HAI ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang muaranya pada kegiatan literasi, seperti pameran, lomba, dan pemberian penghargaan. Pemmberian penghargaan ini salah satunya ditujukan kepada Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang kreatif dan mampu memberdayakan masyarakat. Lima TBM dari seluruh Indonesia dipilih untuk mendapatkan penghargaan Anugrah Aksara dai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Salah satu TBM yang mendapatkan penghargaan adalah TBM yang didirikan dan dikelola oleh dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto, Heru Kurniawan, S.Pd., M.A., yaitu TBM Wadas Kelir. Heru Kurniawan, mengatakan bahwa TBM Wadas Kelir didirikan sebagai bentuk tugas pokoknya sebagai dosen dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Melalui TBM Wadas Kelir, dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto ini,  mengabdikan waktu dan pemikirannya dalam melayani masyarakat untuk mengakses informasi dan meminjam buku secara gratis. Sedikitnya, setiap hari TBM Wadas Kelir dikunjungi 50 – 100 masyarakat yang membaca dan meminjam buku.

Maka, saat mendapatkan penghargaan, Heru Kurniawan mengungkapkan rasa bahagianya, pengabdian masyarakat yang telah dilakukan selama empat tahun kini dihargai oleh pemerintah. Bahkan, masuk dalam lima TBM terbaik di Indonesia. Maka harapannya, semoga budaya mengabdi dalam melayani masyarakat menjadi hal yang dilakukan oleh dosen-dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan sehingga ilmu-ilmu yang diperoleh di kampus bisa semakin bermanfaat.  (Liputan Nur Hafidz, Mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto) 

Leave us a Comment