Persiapan Calon Pendidik Era Alpha, Tadris Matematika Gelar Workshop Strategi dan Media Pembelajaran

image_url

Purwokerto - Program studi Tadris Matematika UIN Saizu Purwokerto mengadakan Workshop dengan tema "Optimalisasi Strategi dan Media Pembelajaran untuk Mencetak Calon Pendidik di Era Alpha" pada Sabtu (28/5) di Gedung Student Center UIN Saizu. Sedikitnya 100 peserta hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Itu. Narasumber dalam acara tersebut yaitu Maghfira Febriana, M.Pd., dosen FTIK dan Rona Dhiya Laili, S.Pd., alumni berprestasi dalam bidang media pembelajaran matematika.

Acara dibuka secara resmi oleh Koordinator Prodi TMA, Dr. Ifada Novikasari, M.Pd. Beliau memberikan sambutan singkat dan berpesan,"Adanya kegiatan ini menjadi tambahan bekal ilmu bagi teman-teman mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi calon pendidik profesional di masa mendatang. Mungkin materi di sini tidak didapatkan ketika kuliah, namun tidak ada salahnya jika teman-teman sudi berbagi kepada rekan-rekan yang saat ini belum berkesempatan hadir mengikuti acara ini."

Narasumber pertama, Maghfira Febriana, M.Pd. menyajikan uraian singkat tentang strategi pembelajaran, dilanjutkan praktik langsung strategy active learning. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan praktik strategi pembelajaran. Pada akhir praktik, Maghfira berpesan,"Pembelajaran yang efektif bukan terletak pada seberapa banyak materi yang disampaikan, namun lebih kepada menarik minat belajar dan motivasi peserta didik terutama dalam mata pelajaran matematika yang tidak sedikit menjadi hal yang kurang disenangi peserta didik."

Sesi kedua, dilanjutnya pemaparan dan praktik langsung pembuatan media pembelajaran oleh Rona Dhiya Layli, S.Pd. Para peserta terbagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikkan langsung cara membuat power point interaktif. Seluruh peserta bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan workshop hingga akhir acara.

Panitia, HMPS Tadris Matematika berharap acara ini dapat menambah wawasan serta keterampilan mahasiswa matematika khususnya dalam menyusun rencana pembelajaran matematika. Terlebih, tuntutan zaman yang mengharuskan calon pendidik untuk selalu berinovasi mengkuti perkembangan teknologi.

(MF)

 

Leave us a Comment