Presentasikan Penelitian Ilmiah, Dosen Pendidikan Bahasa Arab Ikuti Konferensi Internasional di UIN Mataram

image_url

Mataram - Dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FTIK UIN Saizu Purwokerto, Abdal Chaqil Harimi,M.Pd.I. menjadi salah satu peserta dalam Pekan Ilmiah Internasional ke 14 dan Muktamar organisasi Ittihadu Mudarrsisi Al Lughah Al ‘Arabiyyah (IMLA) Indonesia yang ke-7. Acara ini diselenggarakan di UIN Mataram, Lombok, NTB pada 6-8 September 2023. Abdal Chaqil berkesempatan untuk menyampaikan presentasi makalahnya dengan judul مشكلات تقيسم تعليم اللغة العربية بالمدارس الشاملة   (Problematika Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Inklusif).

Abdal Chaqil, berharap, “Isu-isu pendidikan inklusif bisa masuk di acara-acara internasional seperti ini khususnya dalam rangka menyebarkan dan mencari solusi pembelajaran inklusif di madrasah, sekolah, atau perguruan tinggi. Keikutsertaan Dosen PBA dalam konferensi internasional ini menjadi salah satu sarana memperkenalkan UIN Saizu Purwokerto umumnya dan PBA FTIK khususnya di tingkat nasional bahkan internasional.”

Peserta konferensi berasal dari berbagai lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam maupun Perguruan Tinggi Umum bahkan kegiatan tersebut juga diikuti oleh beberapa guru dari seluruh Indonesia. Kegiatan dihadiri berbagai narasumber (Invited Speaker) dari dalam dan luar negeri seperti  UIN Maliki Malang, UIN Mataram, Universitas Negeri Malang, Saudi Arabia, Yordania, ISESCO, dan lain sebagainya.

Laporan pertanggung jawaban dari kepengurusan IMLA tahun periode 2018-2023 yang diketuai oleh Prof. Dr. Tulus Musthofa, Lc., M.A dari UIN Sunan  Kalijaga Yogyakarta disampaikan pula dalam acara tersebut. Pemilihan ketua baru IMLA periode selanjutnya, turut menjadi bagian dari rangkaian acara konferensi.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Saizu Purwokerto selalu mendorong seluruh dosen maupun mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya baik di dalam maupun luar institusi salah satunya dengan mengikuti konferensi internasional ini. Hal tersebut sejalan dengan motto fakultas dan institusi untuk mengedepankan kualitas Unggul, Progresif, dan Integratif.

(MF)

Leave us a Comment