Kerjasama UIN Saizu Purwokerto dan UNNES, Gelar Workshop Pembuatan Aransemen Sederhana Lagu Anak Tiga Bahasa sebagai Media Pembelajaran

image_url

Purwokerto - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Saizu Purwokerto menggelar Workshop Pembuatan Aransemen Lagu Anak Tiga Bahasa sebagai Media Pembelajaran pada hari Kamis (22/6/2023) bertempat di ruang I-4 Gedung I FTIK. Workshop ini terselenggara atas kerjasama antara UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Hadir sebagai pemateri kegiatan tersebut Dr. Syahrul Syah Sinaga, dan Ibnu Amar Muchsin, S.Pd., M.A. yang merupakan dosen Prodi Seni Musik UNNES serta Fajry Sub'haan Syah Sinaga, S.Pd., M.A., dosen UIN Saizu Purwokerto.

Sebanyak 60 mahasiswa PGMI FTIK UIN Saizu Purwokerto sangat antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00. Mahasiswa semakin bersemangat ketika diberikan kesempatan praktik bernyanyi langsung dengan dipandu pemateri.

Dr. Syahrul memaparkan materi tentang membaca notasi angka. “Bermain musik menjadi salah satu kajian atau materi pembelajaran yang akan disampaikan di sekolah. Untuk itu perlu bagi calon guru mempelajari hal ini,” tutur Dr. Syahrul.

Ibnu Amar Muchsin menyampaikan materi cara mengaransemen syair. Mahasiswa diajak langsung praktik dan bernyanyi bersama.

“Walaupun bukan dari mahasiswa yang memiliki basic bermusik, namun mahasiswa di UIN Saizu sangat interaktif dan antusias mengikuti pelatihan. Ini menjadi modal utama, agar kemampuan bermusik dapat dikembangkan lagi,” Ibnu Amar menyampaikan kesan di akhir acara.

FTIK UIN Saizu selalu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa untuk mengembangkan segala bakat dan minat yang dimiliki, termasuk dalam bidang seni musik ini. Hal tersebut sejalan dengan visi misi fakultas untuk menciptakan iklim akademik semakin unggul, progresif, dan integratif.

(Fira)

Leave us a Comment