FTIK UIN Saizu Lakukan Kerjasama (MoU) dengan PCINU Federal Rusia & Eropa Utara

image_url

Purwokerto—Minggu (5/03/2023) pukul 15.30 WIB atau 11.30 waktu Rusia, Dekan FTIK UIN Saizu, Prof. Dr. H. Suwito, M. Ag. mengisi kajian keagamaan pada Forum Pimpinan Cabang Internasional NU Federal Rusia dan Eropa Utara (PCINU FREU). Acara tersebut merupakan lanjutan dan rangkaian dari MoU antara PCINU Freu dengan FTIK UIN Saizu saat kunjungan awal Desember 2022 silam.

Acara dipandu oleh Khulasotun (UFA, Russia) sebagai host, selanjutnya sambutan ketua PCINU Gus Amy Maulana (Volgograd, Rusia). Dalam tradisi NU, ada sebuah acara yang sangat penting yang mesti dilakukan yakni tahlilan dengan membacakan Surah Al-Fatihah bagi kedua orang tua, kerabat, dan sanak famili. Tahlilan tersebut dipimpin oleh Taufiqurrohman (Finlandia).

Acara yang digelar secara virtual ini dilakukan melalui kanal Zoom Meeting dan diikuti oleh peserta baik dosen maupun mahasiswa yang berasal dari penjuru Rusia, Eropa Utara, dan Indonesia. Di antaranya dari Moscow (Russia), Kazan (Russia), Helsinky (Finland), Stockholm (Sweden), Saint Peterburg (Russia), Jakarta (Indonesia), Purwokerto (Indonesia), Banten (Indonesia), Volgograd (Russia).

Dalam kajian tersebut, Prof. Dr. Suwito, M. Ag. menyampaikan materi dengan judul, "Rajab, Gravitasi, dan Lailatul Qadar". Dalam uraiannya, Prof. Dr. Suwito menguraikan nikmat Allah terkait gravitasi bumi dan gravitasi langit serta kaitannya dengan ibadah shalat yang diberikan Allah secara khusus. Kajian diakhiri dengan sesi tanya jawab, dengan memberikan kesempatan kepada audien terkait materi yang dibahas. Kajian-kajian serupa akan dilakukan secara reguler bulanan dengan peserta dari berbagai penjuru dunia.

Leave us a Comment