FTIK Gelar Diskusi Budaya

Purwokerto-- Rabu, 18 Januari 2022 bertempat di ruang I-4, FTIK UIN Saizu Purwokerto menggelar diskusi bertajuk "Seni dan Peradaban Islam dalam 10 Tahun Terakhir". Narasumber dalam acara tersebut adalah Sutanto Mendut yang merupakan seorang budayawan asal Magelang, bekas Presiden lima gunung, sekaligus dosen Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Turut hadir dalam diskusi Wakil Dekan II FTIK, para dosen FTIK, mahasiswa FTIK dan FUAH. Acara dimeriahkan oleh penampilan tari dari UKM Karawitan, Ryan Ajayanto (musisi), Hanz (penari), dan Fajry Sinaga (musisi, dosen FTIK UIN Saizu). Prof. Dr. H. Subur, M. Ag. memberikan sambutan dengan mengimbau kepada seluruh audience untuk bersama-sama menimba ilmu dari pembicara diskusi yang merupakan ahli seni, budaya, dan sejarah ini.

Pemantik diskusi, Sutanto Mendut menjelaskan tentang sejarah seni dan perjalanan sejarah perkembangan Islam di Nusantara. Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan audience. Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan diskusi tersebut.

"Sejarah menceritakan asal mula kejadian dengan sudut pandang sesuai tokoh yang menceritakan, tugas kita bukan menghakimi mana yang benar atau salah namun mengambil pelajaran dari kejadian yang ada," tutur Sutanto. Sejarah dan seni menjadi dua bidang yang sering dikaji terpisah namun menjadi bagian yang saling beriringan dalam perkembangannya. Selaras dengan tujuan FTIK agar selalu berkembang demi mewujudkan kampus yang unggul, progresif, dan integratif.

Leave us a Comment