Perdana, Begini Kerennya Pertunjukan Pagelaran Seni Pertama Karya Mahasiswa PGMI

Purwokerto -- Kamis, 15 Desember 2022 untuk pertama kalinya, mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTIK Universitas Saifuddin Zuhri Purwokerto menghelat kegiatan Pagelaran Seni di Gedung Auditorium UIN SAIZU. 

Kegiatan tersebut merupakan program yang dicetuskan oleh dosen pengampu mata kuliah Seni Budaya dan Keterampilan sebagai tugas akhir semester (UAS). Pagelaran seni ini mengusung tema “Tumbuhkan Seni Bersama PGMI dengan Harmonisasi yang Islami.”  Ketua pelaksana kegiatan, Zaim Innas, menuturkan tujuan dari pagelaran ini adalah agar mahasiswa PGMI bisa mengembangkan bakatnya melalui seni. 

Dalam acara ini menampilkan kreativitas seni dari mahasiswa PGMI semester 5 dan komunitas Sanggar Atap Langit dan dimeriahkan juga dengan persembahan kentongan dari MAN 1 Purwokerto. Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen, mahasiswa, UKM, LPM, dan sekolah MI di sekitar UIN Saizu.  

Ada alasan menarik mengapa dari PGMI mengundang tamu dari luar UIN seperti MI disekitar UIN, “Harapannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu branding dan ingin sedikit sharing bahwa PGMI tidak hanya mengajar mengaji saja, tetapi juga bisa menghasilkan produk yang terbalut dengan seni salah satunya lagu anak islami,” ujar Bapak Fajry Sub'haan Syah Sinaga yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Seni Budaya dan Ketrampilan untuk Prodi PGMI. 

Adapun latar belakang dihelatnya pagelaran ini menurutnya adalah karena melihat kebutuhan di sekolah, para mahasiswa PGMI yang notabenenya sebagai calon guru-guru MI tidak bisa lepas dari aktifitas seni, maka luaran mata kuliah ini adalah agar para mahasiswa ini dapat memanage pertunjukan seni. Lebih dari itu, Fajri berharap agar mahasiswa dapat memperoleh tingkat capaian dalam proses pendidikan tingkat tertinggi yakni berkreasi berkreasi. 

Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya adalah menampilkan lagu-lagu anak dan lagu islami, drama musikal, dan lain-lain. Dalam prosesnya, para mahasiswa diajarkan untuk menciptakan lagu anak islami dengan teori yang telah diajarkan dalam mata kuliah di kelas. Selain penampilan dalam pentas, luaran mata kuliah ini adalah menghasilkan album lagu-lagu anak. Masing-masing kelas menghasilkan 1 album dengan 12 lagu.  

Acara ini merupakan bentuk kepedulian Prodi PGMI pada generasi milenial yang akan datang. 

Leave us a Comment