Dosen FTIK Melaksanakan Penelitian di Rusia

Purwokerto -- Prof. Dr. H. Suwito, M. Ag., dosen FTIK UIN Saizu Purwokerto melakukan kegiatan penelitian di Rusia. Beliau bersama dengan tim, Dr. Mesraini, M. Ag. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Sadari, S.H.I, M. H. I. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Hj. Ida Novianti, M. Ag. (UIN Saizu Purwokerto) berada di Rusia pada 5 - 10 Desember 2022.

Penelitian tersebut merupakan penelitian yang dibiayai oleh Kemenag pusat. Masalah yang diangkat dalam penelitian Suwito dan tim adalah diaspora marriage atau pernikahan diaspora. Kajian lanjut tentang bagaimana pernikahan antara diaspora dengan penduduk asli Rusia. Wawancara dengan informan yaitu narasumber langsung warga negara Indonesia yang telah menikah dengan warga negara Rusia dan tinggal di Rusia.

"Banyak hal yang kita dapatkan dari wawancara dengan informan tersebut. Tentang administrasi dalam pernikahan di Rusia, kehidupan rumah tangga, sikap aware yang harus ada bagi setiap warga negara Indonesia yang akan menikah dengan orang Rusia, dan masih banyak lagi, " Suwito memaparkan. Terlebih, beliau mendapat informan diaspora yang heterogen atau berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Selama berada di Rusia, Suwito dan tim peneliti berada di kota Moscow kemudian sempat bersinggah pula di kota St. Petersburg.

 Kegiatan penelitian merupakan kewajiban bagi dosen yang termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi. Penelitian salah satu dosen FTIK di luar negeri ini dapat menjadikan motivasi bagi dosen lain agar mau dan mampu berkarya baik dalam lingkup lokal maupun internasional. (Fira-Humas FTIK)

Leave us a Comment