Prodi S-1 PAI FTIK Laksanakan AL Akreditasi

Purwokerto--Akreditasi merupakan salah satu bentuk penjaminan mutu secara eksternal. Akreditasi eksternal ini dilakukan oleh lembaga yang diberi wewenang untuk melakukan penilaian kelayakan, mengevaluasi dan menetapkan peringkat mutu program studi dan perguruan tinggi.

Pada Senin dan Selasa (28--29/11/2022) salah satu program studi di FTIK yakni Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) melaksanakan proses asesmen lapangan (AL) akreditasi. Tim asesor LAMDIK yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Mohamad Salik, M.Ag. (UIN Sunan Ampel Surabaya) dan Dr. Arif Budi Raharjo, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Dalam prosesnya, para asesor menilai Prodi PAI FTIK UIN Saizu memiliki distingsi yang cukup unik.

“Saya kagum dengan FTIK khususnya Prodi PAI UIN Saizu yang memiliki banyak mitra, di antaranya pondok pesantren mulai dari yang ada di wilayah lokal Banyumas hingga ke jenjang internasional seperti di Pattani Thailand Selatan,” tutur Prof. Salik.

Kegiatan AL ini melibatkan beberapa unsur dari civitas academica FTIK UIN Saizu di antaranya Dekan dan para Wakil Dekan FTIK, dosen dan tendik FTIK, tim akreditasi Prodi PAI, mahasiswa aktif, alumni, dan stakeholder yang menjadi mitra prodi serta kampus UIN Saizu.

Sebelum tahap AL tersebut digelar pada November, proses penyusunan borang akreditasi telah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya yakni pada Agustus 2022. Para anggota tim akreditasi Prodi PAI fokus mengisi, menyiapkan data, serta menyiapkan dokumen terkait demi kelancaran proses akreditasi. Sehari sebelum AL akreditasi digelar, segenap tim akreditasi juga menggelar doa bersama demi kelancaran pelaksanaan AL tersebut. Harapan dari segenap civitas academica FTIK dan UIN Saizu adalah Prodi PAI bisa mendapatkan akreditasi UNGGUL pada penilaian kali ini setelah sebelumnya menyandai akreditasi A. (ENDAH,HUMAS FTIK)

Leave us a Comment