MAHASISWA MPI SUKSES SELENGGARAKAN KEGIATAN WORKSHOP LEADERSHIP DAN ADMINISTRASI

image_url

Purwokerto, Sabtu (22/02/2020), pukul 07.00 – 12.00 WIB, Mahasiswa Jurusan MPI IAIN Purwokerto telah mengadakan kegiatan Workshop Leadership dan Administrai untuk OSIS di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan pengurus OSIS sekolah tersebut.

Latar belakang diadakanya kegiatan workshop adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah praktikum mahasiswa semester 6 jurusan MPI di bawah bimbingan Bapak Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I. Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi pengurus dan anggota OSIS serta mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka terhadap administrasi organisasi. Manfaat kegiatan ini bagi mahasiswa adalah agar mereka terbiasa untuk terjun ke masyarakat dan sekolah sekolah sekaligus membuat kegiatan yang menunjang kemajuan sekolah tersebut.

Pelaksanaan kegiatan workshop leadership administrasi yang bertema “Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Siswa melalui Produktivitas Organisasi Siswa Intra Sekolah” berjalan dengan lancar. Bentuk kegiatan berupa penyampaian materi mengenai leadership dan administrasi yang disampaikan oleh mahasiswa yang bertugas. Dalam materi kepemimpinan yang disampaikan mencakup definisi, karakteristik dan bagaimana cara menjadi pemimpin yang kompeten, sedangkan dalam administrasi, materi lebih kepada praktek, yaitu bagaimana sistematika pembuatan surat, bagaimana cara pembuatan proposal kegiatan dan lain sebagainya.

Kegiatan workshop ini juga bertujuan untuk membuat siswa, khususnya pengurus OSIS menjadi lebih produktif dengan kemampuan atau skill yang dimiliki. Sebagian peserta workshop sangat antusias mengikuti kegiatan. Hal tersebut dapat dilihat setelah pemateri memberikan penjelasan, peserta memberikan beberapa pertanyaan kepada pemateri terkait apa yang belum dipahami mengenai materi yang disampaikan. setelah materi disampaikan, ditengah tengah kegiatan, juga diselingi dengan ice breaking, yang dilakukan oleh moderator, yang bertujuan agar peserta tidak bosan dengan kegiatan tersebut. Kegiatan workshop berakhir pada pukul 12.00 WIB, dengan acara terakhir yaitu penyerahan sertifikat kenang kenangan kepada sekolah dan juga sebagai tanda trimakasih karena sudah mau bekerjasama dengan mahasiswa MPI IAIN Purwokerto.

Leave us a Comment