Kunjungan Mahasiswa PBA FTIK IAIN Purwokerto Ke Kampung Arab Kebumen

image_url

Pada hari Ahad, 28 Juli 2019.  Pukul 6.30 WIB pagi, serombongan delegasi dari IAIN Purwokerto meliputi dua mahasiswa dari HMJ PBA Muh. Refsi Ansyah dan Laelatul Karimah, dua dari KTS (Komunitas Tahta Syajarah) Gita Annisa Anwar dan Alfi Nur Rohmah, dua dari EASA (English Arabic Student Association) Dhelvy Ulfa Sitha dan Ayu Solihah,  serta pendamping dari dosen PBA Ade Ruswatie MPd, melakukan perjalanan dari kampus menuju Kampung Arab Kebumen yang berlokasi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen. Rihlah (perjalanan) ini, disamping sebagai kunjungan study lapangan juga untuk melakukan kerjasama  dan koordinasi dengan lembaga pendidikan bahasa di Kampung Arab Kebumen (KAK) di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian khususnya terkait dengan pengembangan bahasa Arab. Dalam kerjasama tersebut pihak jurusan Pendidikan Bahaa Arab (PBA) FTIK IAIN Purwokerto diwakili oleh Ketua Jurusan Ali Muhdi, MSI, sedangkan dari pihak Kampung Arab Kebumen diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasi Dikmas) Dinas Pendidikan Kebumen Jumadi, S.Pd, M.Pd. sebagai pengelola Kampung Arab Kebumen. Setelah penandatangan kerjasama dibahas juga rencana tindak lanjutnya di masa-masa yang akan datang berupa pengiriman mahasiswa jurusan PBA ke Kampung Arab untuk mengikuti kursus bahasa Arab, melakukan penelitian skripsi atau penelitian dosen, serta dimungkin melaksanakan pengabdian berupa praktik pembelajaran lapangan (PPL) dan KKN di kampung Arab. Sebaliknya, Kampung Arab Kebumen dapat mengirim tutor/ pengajarnya menjadi narasumber untuk berbagi pengetahuan dan wawasan bahasa Arab di jurusan PBA FTIK IAIN Purwokerto.

Pertemuan tersebut sekaligus juga dalam rangka menghadiri undangan dari KAK dalam acara penutupan kursus bahasa Arab bagi guru SD/ MI se- kabupaten Kebumen. Dalam acara penutupan, hampir semua menu acara yang ditampilkan menggunakan pengantar bahasa Arab.

Rangkaian acara yang diberi nama Penutupan Daurah al-Lughatul ‘Arabiyyah itu diawali dengan pembukaan melafalkan surah al-fatihah bersama, pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian  menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diterjemahkan kedalam bahasa Arab. Selanjutnya sambutan-sambutan oleh; Ketua kelas kursus. Ketua Tim Pengajar/ tutor KAK, dan Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan.

Para guru yang menjadi peserta kursus di KAK tersebut menampilkan beberapa show up berbahasa Arab seperti Drama bahasa Arab, Puisi bahasa Arab, Paduan Suara menyanyikan lagu Addinul Islam yang sedang populer, bernyanyi tunggal dengan judul Shuwaiya hingga membuat hadirin terkesima. Ada juga beberapa show up bahasa Arab bershalawat (mahalul qiyam), stand up bahasa Arab, halaqah (diskusi) berbahasa Arab di panggung dengan tema tentang “Pentingnya bahasa Arab dan strategi pengajarannya”.

Akhirnya, dengan kunjungan dan kerjasama di bidang bahasa Arab ini,dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa PBA untuk lebih semangat dalam belajar bahasa Arab, berkomunikasi dengan bahasa Arab itu, menambah perbendaharaan kosakata (mufradat) dan dapat mempraktikkan secara langsung melalui pembiasaan berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa Arab. Sebab bahasa Arab memiliki peranan yang penting dalam kehidupan di masyarakat kita yang mayoritas muslim.

Leave us a Comment