DOSEN MPI ISI MATERI “STOP BULLYING” DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO DALAM ACARA MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

image_url

Setiap siswa baru, termasuk siswa baru di SMK  Citra Bangsa Mandiri Purwokerto diwajibkan untuk mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada MPLS setiap siswa mengikuti berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pihak sekolah. Salah satu kegiatan yang diprogramkan dalam MPLS adalah seminar bagi siswa dengan tema Stop Bullying.

Pihak panitia mengungkapkan bahwa pada saat sekarang ini fenomena scholl bullying mudah sekali ditemukan di sekolah-sekolah. Untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir fenomena school bullying itulah kemudian diadakan seminar dengan tema “Stop Bullying”. Seminat tersebut diselenggarakan pada Selasa 16 Juli 2019 dengan menghadirkan Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I sebagai narasumbernya.

Mayoritas siswa di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto adalah perempuan, sehingga materi yang dibawakan oleh narasumber berkisar tentang karakteristik dan fenomena bullying di kalangan perempuan. Pada akhir awal materi narasumber fokus untuk menjelaskan verbal bullying dan cyber bullying yang selama ini kasus-kasusnya mudah ditemui. Kemudian di akhir penyampaian materi narasumber memberikan tips kepada para siswa untuk melakukan upaya preventif terhadap fenomena school bullying.

Leave us a Comment