WORKSHOP MENULIS DONGENG DAN ARTIKEL PARENTING MAHASISWA PIAUD

image_url

Pengembangan literasi bagi mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Purwokerto menjadi salah satu program yang sedang ditingkatkan dan dikembangkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis dalam bidang anak usia dini. Salah satu aspek yang dikembangkan adalah literasi dalam bidang penulisan dongeng dan artikel parenting.

Hal ini penting karena menulis dongeng dan artikel parenting merupakan jenis penulisan yang menjadi wilayah bidang keilmuan anak usia dini. Dongeng terkait dengan dunia imajinasi anak-anak yang menopang perkembangan anak. Sedangkan artikel parenting erat kaitannya dengan tulisan pola pengasuhan anak dalam keluarga.

Dua hal inilah yang kemudian mendasari diadakannya kegiatan “Workshop Penulisan Dongeng dan Artikel Parenting” untuk mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 27 April 2019 di Gedung H Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto.

Pemateri pada Workshop ini adalah Umi Khomsiyatun M.Pd., penulis buku dongeng anak, yang menyampaikan materi penulisan dongeng. Pemateri lainnya adalah Titi anisatul laely M.Pd., penulis buku parenting dan buku bacaan anak, yang menyampaikan materi tentang penulisan artikel parenting. Kedua pemateri menyampaikan materi dengan menarik dan praktis sehingga mahasiswa dapat memahami dan mempraktikannya dalam bentuk tugas menulis dongeng dan artikel parenting.

Melalu workshop ini, Dr. Heru Kurniawan, M.A. selaku Kaprodi PIAUD IAIN Purwokerto, berharap mahasiswa PIAUD dapat meningkatkan kemampuan literasi khusunya dalam menuangkan ide dan gagasan kreatifnya dalam dongeng dan perenting, sehingga ke depannya, mahasiswa PIAUD akan unggul dalam bidang dunia penulisa dongeng dan artikel parenting. (Musyafa Ali, Mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto).

Leave us a Comment