100 Mahasiswa PAI Ikuti Praktikum Perawatan Jenazah dan Manasik Haji

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Sekitar 100 mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Purwokerto mengikuti kegiatan praktikum ibadah yang dikemas dalam bentuk praktikum Perawatan Jenazah dan praktikum Manasik Haji dan Umroh. Kegiatan yang didakan rutin tiap tahun ini dilaksanakan hari Rabu, 10 April 2019 dan bertempat di gedung I dan halaman belakang Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Mahasiswa dipandu pembimbing melakukan praktikum merawat jenazah

Dalam sambutanya Nurfuadi, M.Pd.I. Sekretaris Jurusan PAI sekaligus ketua panitia memberikan pengarahan dan penguatan tentang tujuan dan substansi praktikum kepada para peserta. “Praktikum hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan matakuliah praktikum ibadah, untuk itu saya berharap semua peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik dan penuh konsentrasi agar dapat berjalan dengan lancar” ucapnya.

Peserta praktikum manasik haji melakukan praktik tawaf

H.M. Slamet Yahya, M.Ag., Kaprodi Pendidikan Agama Islam dalam pembukaan acara menyampaikan harapan bahwa dengan adanya praktikum ibadah ini mahasiswa memiliki pengalaman praksis sehingga ketika terjun ke masyarakat akan lebih siap. “Praktikum ibadah kali ini kita tambahkan praktikum merawat jenazah sehingga saya berharap, pertama, praktikum manasik haji dapat memberikan pengalaman praksis berkenaan dengan ibadah haji sebab haji berdeda dengan ibadah lainya. Mengingat fisik yang prima diperlukan dalam ibadah haji. Kedua, praktikum perawatan jenazah dapat memberikan pengalaman kepada kalian tentang cara mengurus jenazah sehingga jika dari kalian ada yang dimintai tolong oleh masyarakat untuk mengurus jenazah akan lebih siap ” jelasnya

Mahasiswa, pemandu dan panitia foto bersama setelah praktikum

Perlu diketahui kegiatan praktikum manasik haji ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan telah dimulai pada tahun 2015. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini prodi PAI menambahkan praktikum merawat jenazah. Menurut Slamet cara merawat jenazah juga perlu dipahami oleh semua orang khusunya mahasiswa prodi PAI baik laki-laki maupun perempuan karena merawat jenazah juga merupakan kewajiban seorang muslim.

Secara teknis kegiatan praktikum perawatan jenazah dan manasik haji dipandu langsung oleh Slamet Yahya, M.Ag. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB di ruang I.5. Kegiatan praktikum yang pertama adalah perawatan jenazah selama kurang lebih 2 jam. Pada pukul  10.00 sampai dengan pukul 13.00 praktikum manasik haji yang bertempat di halaman belakang gedung fakultas. (ftw)

Leave us a Comment