MAHASISWA KKN-PPL INTERNASIONAL FTIK IAIN PURWOKERTO SELENGGARAKAN RUTINITAS KELAS KEPENULISAN BULETIN JISDA

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, salah satu program yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK IAIN PURWOKERTO adalah program “Buletin Jisda”. Program tersebut sudah berjalan selama 3 tahun terakhir, dan saat ini telah dibuka kembali kelanjutan untuk generasi ke-3.

Pelatihan kelas kepenulisan merupakan salah satu kegiatan rutinitas dalam buletin Jisda yang dilaksanakan setiap menjelang pelantikan anggota baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari, yaitu pada tanggal 12-13 dan 17-18 Desember 2018. Mengingat bangunan JISDA yang saat ini sedang direnovasi, maka kegiatan tersebut dilaksanakan di Tadika Raudhatul Irsyad.

Pada kegiatan kali ini, materi pelatihan kelas kepenulisan terbagi menjadi empat bagian, yaitu: 1) pengenalan dunia kejurnalistikan; 2) kepenulisan berita; 3) pengenalan buletin; 4) teknik layout dan editing. Materi tersebut disampaikan oleh mahasiswa KKN/PPL FTIK IAIN PURWOKERTO, Siti Aisah dan Meisi Wulandavia yang dibantu juga oleh staf buletin Jisda Yasir Ahmad, Syarifah Samae, dan Rusne Kalupe.

Kegiatan kelas kepenulisan ini diperuntukkan untuk seluruh jurusan mahasiswa JISDA tahun 1 dan 2, yaitu PAI, PBSM, Dakwah, Syariah, Dirasah Al-Islamiyah dan Ushuluddin. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini berjalan lancar, semua mahasiswa terlihat antusias, aktif dan senang dalam mengikuti kegiatan tersebut. Peserta dari pelatihan inilah yang nantinya akan dibentuk tim menjadi calon staf baru  Buletin Jisda, yaitu generasi ke 3 sebagai pengganti staf sebelumnya.

Dari kelas kepenulisan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam dunia kepenulisan, menggali berbagai potensi mahasiswa, mengasah keberanian mahasiswa, sekaligus melestarikan program yang sudah berjalan dari mahasiswa KKN/PPL FTIK IAIN PURWOKERTO, yaitu “Buletin Jisda”.

Leave us a Comment