RA MARYAM PLANJAN-KESUGIHAN-CILACAP SELENGGARAKAN PARENTING DENGAN DOSEN PIAUD FTIK IAIN PURWOKERTO

image_url

Menyongsong tahun pelajaran baru, RA (raudhatul Athfal) Maryam Planjang Kesugihan Cilacap bukan hanya menyelenggarakan Masa Orientasi bagi siswa baru, tapi juga menyelenggarakan seminar parenting untuk seluruh wali muridnya. Kegiatan seminar parenting yang dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Juli 2018 tersebut bertemakan “meneguhkan hati menjadi madrasah pertama dan utama bagi anak usia dini untuk membentuk generasi yang Islami”.

Kepala RA Maryam, Ibu Nurchasanah, S.Pd.I mengungkapkan bahwa harapan dari diselenggarakannya seminar parenting ini adalah agar kesadaran orangtua akan perannya sebagai pendidik yang pertama dan utama di lingkungan keluarga semakin menguat. Ketika kesadaran tersebut semakin menguat, maka orangtua akan memiliki komitmen untuk menjadikan lingkungan keluarga sebagai madrasah pertama dan utama bagi anak usia dini. Di madrasah akan menjadi kawah candra dimuka untuk membentuk karakter anak sehingga anak dapat menjadi generasi yang Islami.

Untuk mewujudkan harapan dari penyelenggaraan seminar parenting tersebut, Ibu Nurchasanah, S.Pd.I mengundang Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto sebagai narasumbernya. Pada seminar parenting, narasumber mengungkapkan bahwa harus ada kerjasama yang harmonis antara ayah dan ibu dalam mendidik anak-anaknya di lingkungan keluarga, terlebih lagi biasanya ayah dan ibu memiliki watak yang berbeda-beda. Perbedaan watak pada orangtua memunculkan perbedaan pendekatan maupun metode dalam mengasuh dan mendidik anak. Agar tidak menimbulkan efek yang negatif dari perbedaan tersebut, maka harus ada komunikasi dan kerjasama yang sinergis antara ibu dan ayah dalam mendidik anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan saling berbagi peran. Ayah sebagai leader dalam keluarga dan ibu sebagai manager-nya. Peran tersebut mereka mainkan untuk mencapai satu tujuan, yaitu untuk membentuk karakter anak agar mereka dapat menjadi generasi yang Islami.

Wali murid RA Planjan sangat antusias mengikuti seminar parenting ini. Antusiasme tersebut juga ditunjukkan oleh bapak Adiyanto, M.Pd.I sebagai pengawas RA kecamatan Kesugihan. Selain memberikan sambutan pada seminar parenting, beliau juga tidak ketinggalan untuk mengikuti setiap sesi pada seminar parenting. Bapak Adiyanto, M.Pd.I berharap agar RA lain khususnya di kecamatan Kesugihan dan umumnya di kabupaten Cilacap dapat menyelenggarakan seminat parenting untuk wali murid sebagaimana yang telah dilakukan oleh RA Maryam Planjan. Seminar parenting pada setiap RA sangat penting untuk dilakukan agar orangtua mau dan mampu menjalin kerjasama dengan RA dalam mendidik anak-anak. (NA)

Leave us a Comment